Brilio.net - Presiden Donald Trump memang dikenal sebagi sosok yang penuh kontroversial. Namun kenyataannya ia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Donald Trump sukses mengalahkan Hillary Clinton dengan meraih 270 electoral vote yang merupakan jumlah minimal untuk memenangkan pemilihan presiden di Amerika. Ia dilantik pada 20 Januari 2017 lalu.

Nah, baru sepekan menjabat, Trump sudah membuat kebijakan-kebijakan kontroversial yang membuat geger dunia. Lalu kebijakan kontroversi apa saja yang kini mulai dijalankan oleh presiden negeri Paman Sam ini?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 5 kebijakan Donald Trump paling kontroversial:

1. Pelarangan masuknya imigran dari tujuh negara muslim.

kebijakan trump © 2017 brilio.net-foto: AFP

Loading...

Ini merupakan kebijakan pertama Donald Trump yang telah 'menelan korban'. Tepatnya pada Sabtu (28/1), petugas bandara Kairo, Mesir menahan keberangkatan tujuh warga negara Amerika Serikat (AS) menuju bandara JFK di New York AS. Pencegahan tersebut merupakan aksi pertama sejak Presiden AS Donald Trump memberlakukan pembekuan masuknya pengungsi dari tujuh negara mayoritas muslim. Yakni, Irak, Suriah, Iran, Sudan, Libya, Somalia dan Yaman.

2. Membangun tembok perbatasan Amerika-Meksiko sepanjang 2000 mill.

kebijakan trump © 2017 brilio.net-foto: Reuters

Presiden Donald Trump kerapkali mengatakan pemerintahnya akan membangun tembok di perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko. Hal ini ia lakukan dengan alasan untuk mencegah masuknya imigran gelap dan penyelundup narkoba.

3. Membekukan pelayanan sosial dan kesehatan Obamacare.

kebijakan trump © 2017 brilio.net-foto: AFP

Presiden Donald Trump langsung menjalankan fungsi eksekutifnya usai dilantik pada Jumat (20/1). Langkah pertamanya adalah menandatangani perintah eksekutif untuk mengurangi "beban" dari undang-undang kesehatan atau Obamacare. Trump memang sudah lama menegaskan bahwa dirinya akan membatalkan semua kebijakan pemerintahan Obama, termasuk Obamacare.

4. Pelarangan Penggunaan Biaya Federal untuk Aborsi.

kebijakan trump © 2017 brilio.net-foto: AFP

Presiden Donald Trump juga menandatangani perintah eksekutif untuk membatasi aborsi di seluruh dunia. Perintah ini membatasi hak-hak wanita untuk melakukan aborsi secara aman. Trump juga memberlakukan kembali kebijakan Mexico City, yang melarang aliran dana federal diberikan kepada kelompok-kelompok internasional yang melakukan praktik aborsi atau mempromosikan aborsi.

5. Akhiri kebijakan Satu Cina.

kebijakan trump © 2017 brilio.net-foto: Reuters

Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, berencana untuk mengakhiri kebijakan 'satu Cina' yang telah diberlakukan AS sejak 1979. Kebijakan 'Satu Cina' merupakan kebijakan menjalin hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Cina, yang ada sejak presiden AS kala itu, Jimmy Carter, memutus hubungan dengan Taiwan.

Padahal sejak puluhan tahun lalu, hingga Trump terpilih, belum ada presiden AS yang pernah berbicara secara langsung dengan pemimpin Taiwan. Donald Trump menghanguskan tradisi tersebut dengan berbicara dengan pemimin Taiwan, Tsai Ing-wen, melalui telepon.