Brilio.net - Menyebut nama Korea Utara sekarang ini, nggak lengkap rasanya kalau nggak menyebut nana pemimpinnya, Kim Jong-un. Anak pemimpin Korea Utara sebelumnya Kim Jong-il tersebut  punya ciri khas unik yang yakin deh nggak dipunyai pemimpin lain. Potongan rambut yang khas, komentar yang keras hingga kekejamannya mengeksekusi orang-orang terdekatnya.

Beragam kontroversi memang meliputi kehidupan Kim Jong-un. Ia digambarkan memiliki kehidupan yang nggak jauh berbeda dengan sang ayah, namun berbeda sekali dengan sebagian besar penduduk Korea Utara. Apa saja kontroversi di seputar kehidupan Kim Jong-un? Ini 10 kasus yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/4).

BACA JUGA: Jarang-jarang bisa lihat, 5 foto hujan dari dalam pesawat terbang

1. Eksekusi mati paman sendiri, Jang Song Thaek.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Loading...

Kim mengeksusi mati pamannya sendiri dengan cara ditembak dengan senapan mesin. Jasadnya konon diberikan kepada anjing-anjing yang kelaparan.

2. Eksekusi mati mantan pacarnya.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Kim juga nggak segan mengeksekusi mati mantan pacarnya yang bernama Hyon Song-wol yang bekerja sebagai wanita hiburan. Ngeri banget ya?

3. Eksekusi saingan bisnisnya.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Perselisihan bisnis kadang memang membawa maut. Contohnya adalah saingan usaha Kim Jong-un yang dieksekusi dengan cara ditembaki dengan senapan antiserangan udara, sadis!

4. Bersahabatan dengan mantan bintang NBA, Dennis Rodman.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Sisi lain Kim adalah dia bersahabatan dengan mantan pebasket kontroversial, Dennis Rodman. Mungkin karena sama-sama punya sisi kontroversial yang kuat kali ya?

5. Warga Korea Utara diwajibkan menghafal pidato Tahun Baru Kim Jong-un.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Warga diharuskan menghafal pidato tahun baru Kim sepanjang 10.900 karakter. Mereka diwajibkan menghafal di tempat kerja dan tidak diperbolehkan pulang sebelum hafal semua kata dalam pidato tersebut.

6. Eksekusi mati Menteri Pertahanan karena alasan sepele.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Tertidur adalah sifat alamiah manusia merespon rasa kantuk, tapi tertidur di acara resmi Korea Utara bisa sangat berbahaya. Menteri Pertahanan Hyon Yong-chol dieksekusi mati dengan ditembak senapan antipesawat.

7. Eksekusi ilmuwan karena gedung roboh.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Sejumlah arsitek dan insinyur dieksekusi mati hanya karena runtuhnya gedung 23 lantai yang menyebabkan beberapa petinggi militer Korea Utara meninggal dunia.

8. Suka dengan kemewahan.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Berbeda dengan kebanyakan masyarakat di Korea Utara yang kekurangan, Kim hidup dalam kemewahan. Ia dilaporkan suka dengan barang-barang branded luar negeri, minuman dan rokok mahal dan juga punya lapangan golf sendiri.

9. Eksekusi mati Wakil Menteri Militer karena alasan sepele.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Wakil Menteri Militer Korea Utara Kim Chol dieksekusi mati dengan cara yang sangat kejam yaitu ditembak mortir karena mabuk dan berpesta pada masa berkabung kematian ayah Kim, Kim Jong-il pada 2011 lalu.

10. Eksekusi warga Korea Utara karena menonton acara TV Korea Selatan.

Jong Un Stres © 2016 brilio.net

Beruntunglah kalian nggak hidup di Korea Utara karena di Indonesia bebas menonton drama Korea. Di Korea Utara, banyak warga dieksekusi militer karena ketahuan menonton film Korea Selatan, sadis!