Piala Dunia 2022 dijaga oleh pasukan pesawat tempur, ini potretnya

Piala Dunia 2022 dijaga oleh pasukan pesawat tempur, ini potretnya

Kedua negara tersebut memiliki hubungan kerjasama di bidang pertahanan yang kuat

Diketahui, kedua negara tersebut memiliki hubungan kerjasama di bidang pertahanan yang kuat. Qatar adalah satu-satunya mitra dengan RAF atau Royal Air Force (angkatan udara Inggris) yang mengoperasikan skuadron gabungan: Skuadron 11 Angkatan Udara Qatar Emiri, Skuadron Pelatihan Elang Gabungan di RAF Leeming, dan Skuadron 12, Skuadron Topan Gabungan di RAF Coningsby.

Kementerian pertahanan Inggris menyebutkan, kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah jam terbang yang tersedia bagi personel RAF, memberikan pelatihan terakreditasi RAF kepada Angkatan Udara Qatar dan melihat investasi jangka panjang dalam infrastruktur dan fasilitas pelatihan RAF.

Piala Dunia 2022 dijaga oleh pasukan pesawat tempur, ini potretnya

foto: Twitter/@SimonP_Cougill

QEAF (nama angkatan udara Qatar) telah menandatangani kontrak dengan BAE Systems untuk 24 pesawat tempur Eurofighter Typhoon dan 9 pesawat latih Hawk. Mereka menelan biaya sekitar 6 miliar poundsterling (USD 7,585 juta).

Mayoritas misi yang akan dilakukan Angkatan Udara Qatar Emiri adalah bertanggung jawab mengelola keamanan udara untuk Piala Dunia. Partisipasi Inggris juga berbekal pengalaman keahlian dan kemampuan yang diperoleh mereka mengamankan Olimpiade yang diselenggarakan di London, Inggris pada 2012 lalu.

Angkatan udara Qatar sedang dalam proses menjadi angkatan udara 'paling beragam' di dunia. Qatar saat ini mengakuisisi jet tempur Eurofighter Typhoon, menjadikannya satu-satunya angkatan udara yang mengoperasikan tiga pesawat tempur paling mematikan saat ini, antara lain F-15, Rafale, dan Eurofighter Typhoon.

Akuisisi Rafale dan Typhoon adalah bagian dari upaya modernisasi QEAF, yang dimulai pada 2010. Qatar memutuskan untuk membagi pembelian pesawatnya menjadi tiga cara untuk mendapatkan Dassault Rafale, Boeing F-15 Advanced Eagle, dan Eurofighter Typhoon.

Piala Dunia 2022 dijaga oleh pasukan pesawat tempur, ini potretnya

foto: Twitter/@SimonP_Cougill

Tidak mengherankan jika melihat jet tempur Rafale QEAF atau F-15 mengawasi langit bersama Typhoon selama Piala Dunia. Tahun lalu, Prancis juga mengkonfirmasi mereka akan turut berkontribusi untuk memantau wilayah udara Qatar selama perhelatan akbar sepak bola ini.

Qatar dan Prancis sepakat, angkatan bersenjata negara Eropa itu akan mengerahkan tentara dan peralatan ke negara Teluk itu. Ini termasuk pemasangan sistem anti-drone BASALT, yang akan membantu dalam pendeteksian dan identifikasi drone yang masuk.

Peralatan militer tersebut pertama kali digunakan untuk melindungi acara internasional besar di Prancis pada 2019 dan untuk sementara diuji di Mali sebagai bagian dari Operasi Barkhane. Selain itu, salah satu dari empat pesawat E-3F Airborne Warning and Control System (AWACS) Angkatan Udara Prancis juga akan digunakan.

Piala Dunia 2022 dijaga oleh pasukan pesawat tempur, ini potretnya

foto: Twitter/@SimonP_Cougill

E-3F Sentry, berdasarkan pada pesawat Boeing 707-320, menggunakan sistem radar array yang dipindai secara elektronik pasif AN/APY-2 yang dirancang untuk melacak lebih dari 600 target pada jarak 400 kilometer (250 mil).

Dukungan sementara ini berada di bawah lingkup "kerja sama mendalam" kedua negara. Pembelian 36 jet Rafale dan 28 helikopter NH-90 (16 diantaranya akan dirakit di Prancis oleh Airbus Helicopters) adalah dua kontrak penting yang ditandatangani antara kedua negara.

Semuanya dilakukan demi penyelenggaraan Piala Dunia yang aman dari berbagai risiko teror. Seperti diketahui, kawasan Timur-tengah adalah daerah yang belum cukup stabil dan masih banyak kelompok-kelompok ekstrimis yang berkeliaran.

(brl/jad)