Jadwal Prancis di Piala Dunia 2022: tanggal, waktu, dan saluran TV

Jadwal Prancis di Piala Dunia 2022: tanggal, waktu, dan saluran TV

Brilio.net - Bicara soal Piala Dunia, tak lengkap jika kamu tidak membahas juga soal Timnas Prancis. Bagaimana tidak, Les Bleus -julukan Prancis- menyambangi Qatar dengan status juara bertahan. Empat tahun silam di Rusia, mereka tampil sebagai jawara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia di final.

Prestasi itu merupakan pencapaian terbaik kedua mereka setelah pada 1998 juga sukses mengukir sejarah pertama di negara sendiri. Mereka juga pernah menjadi runner-up pada Piala Dunia 2006 dan peringkat ketiga pada edisi 1958 serta 1986.

Ditilik komposisi skuad, timnas Prancis sama sekali tak bisa dipandang sepele. Nama-nama beken macam Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, N'Golo Kante, Benjamin Pavard, dan striker gaek yang musim lalu tampil ciamik bersama Real Madrid, Karim Benzema, sepertinya masih dipercaya menjadi pemain inti dalam sebelas pertama mereka.

Paul Pogba, bintang Prancis lainnya, terancam tak masuk skuad. Bintang Juventus itu masih berkutat dengan cedera meniskus lutut saat tur pramusim. Pascaoperasi, Pogba kudu menepi selama 60 hari.

Pelatih mereka, Didier Deschamps, sebagai orang yang paling bertanggung jawab di tim sepertinya tak mau ambil risiko. Pelatih yang pernah juga membawa Prancis juara pada 1998 ini musti menimbang bahwa skuadnya harus dalam keadaan prima seluruhnya.

"Saya belum bisa memastikan apakah membawanya atau tidak. Yang pasti, saya tak pernah membawa pemain ke turnamen jika pemain itu belum benar-benar pulih," kata Deschamps dilansir brilio.net dari bola.net pada Rabu (12/10).

Piala Dunia 2022 bulan depan juga bakal menjadi panggung perdana bagi pemain muda Prancis. Mereka adalah Aurelien Tchouameni, Christopher Nkunku, William Saliba, Ibrahima Konate. Mereka merupakan talenta muda Prancis yang memang sedang mentereng di level klub.

Adapun superstar mereka, Kylian Mbappe mempunyai semua syarat yang dibutuhkan sebagai seorang bomber. Cepat, kuat, liat, dan jago tembak. Tak perlu diragukan, Mbapp merupakan salah satu striker mematikan saat ini. Bagi Prancis, anak muda 23 tahun ini adalah aset yang paling berharga.

Wajar, kalau sang pelatih, Deschamps, menyanjung pilar Paris Saint Germain itu setinggi langit. "Prancis akan sangat lebih baik dengannya," kata Deschamps.

Empat tahun lalu di Rusia, Mbapp tampil luar biasa. Dia tak hanya membawa Prancis memenangkan Piala Dunia 2018, bintang PSG itu juga didapuk sebagai Pemain Muda Terbaik. Saat itu dia berusia 19 tahun.

Menariknya, tak menutup kemungkinan, Mbappe akan berduet dengan veteran yang kembali dipanggil memperkuat Les Bleus, Karim Benzema. Benzema, musim lalu, tampil ciamik bersama Real Madrid. Benzema juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat peraih Ballon D'or tahun ini.

Di Piala Dunia 2022, timnas Prancis akan menghadapi Denmark, Australia, dan Tunisia dalam grup D. Adapun jadwal lengkap pertandingan Prancis di Grup D Piala Dunia 2022 adalah sebagai berikut:

1. Rabu, 23 November 2022, 02:00 WIB: Prancis vs Australia

2. Sabtu, 26 November 2022, 23:00 WIB: Prancis vs Denmark

3. Rabu, 30 November 2022, 22.00 WIB: Prancis vs Tunisia

Untuk kamu para pendukung Timnas Prancis, kamu bisa menyaksikan setiap laga pasukan Ayam Jantan ini melalui siaran langsung Indosiar, SCTV, dan Champions TV, serta live streaming Vidio.

(brl/pep)