Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

Nama Pele kemudian menjadi buah bibir para penonton

Dari sini nama Pele kemudian menjadi buah bibir para penonton. Di pertandingan selanjutnya, Brasil jadi lebih sering memainkan bocah 17 tahun ini karena memang punya kontribusi yang positif terhadap permainan tim.

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

foto: Instagram/@pele

Pada babak 4 besar, Brasil mampu menghempaskan Prancis dengan skor meyakinkan 5-2. Pele mencetak 3 gol di pertandingan ini. Membuatnya jadi pemain yang paling bersinar di pertandingan tersebut.

Selanjutnya, tibalah pertandingan mereka di babak final bertemu dengan sang tuan rumah yakni Swedia. Namun, Brasil sudah kadung ganas dan para pemainnya tampil dengan sangat percaya diri. Alhasil, meski tampil di depan publik sendiri Swedia tetap hancur lebur dibombardir Brasil dengan skor 5-2.

Lagi-lagi Pele unjuk gigi dalam pertandingan itu dengan mencetak 2 gol.

Pele kembali meraih kesuksesan bersama Brasil kala sukses memenangkan Piala Dunia kedua mereka pada 1962. Pel memulai pertandingan melawan Meksiko di mana Pel memberi 1 assist dan kemudian mencetak gol kedua setelah melewati 4 pemain Meksiko.

Sayangnya, ia cedera ketika melawan Cekoslowakia. Hal ini membuat Pel absen sepanjang turnamen, perannya dalam tim Brasil digantikan oleh Garrincha yang berhasil membawa Brasil meraih gelar Piala Dunia keduanya.

Kemudian gelar Piala Dunia ketiganya bersama timnas Brasil pada 1970. Pele yang saat itu sudah cukup senior memimpin rekan-rekannya untuk bersaing di Piala Dunia Meksiko itu.

Timnas Brasil memenangkan Piala Dunia ketiganya dan berhak menyimpan trofi Jules Rimet untuk selamanya.

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

foto: Instagram/@pele

Selama berkostum Seleo, Pel tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini). Berkat Pele, anak-anak Brasil sampai sekarang begitu terinspirasi untuk bisa berjaya sebagai pemain sepak bola hebat.

Pada tahun-tahun selanjutnya kamu bisa melihat ada Ronaldo, Ronaldinho, Neymar, dan terbaru ada Vinicius Junior yang kini menjadi bakat-bakat Brasil yang membuat publik terpukau akan permainan mereka.

(brl/jad)