Brilio.net - Bukan rahasia lagi jika saat ini banyak anak muda memanfaatkan teknologi, bukan sekadar hiburan, tapi juga untuk mulai berbisnis. Kini bisnis rintisan (startup) yang berbasis teknologi makin menjamur. Kebanyakan startup tersebut dimotori anak muda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital saat ini.   

Mereka pun tak sungkan untuk belajar kewirausahaan untuk membekali ilmu bisnis. Malah tak jarang mereka mengikuti kompetisi untuk menguji kemampuan berbisnis. Hal ini pula yang terlihat pada kompetisi Win Your Future 2020 besutan Universitas Prasetiya Mulya belum lama ini.  

Dalam kompetisi yang digelar eksklusif dengan mengusung tema Business & Technology, terbukti banyak anak muda visioner yang punya mimpi besar untuk sukses dalam bisnis. Pada kompetisi ini, para peserta dirangsang mengembangkan kreasi dan inovasi di bidang apapun, namun tetap menggunakan unsur teknologi dalam menghasilkan produk bisnisnya. Kompetisi ini diikuti pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia seperti Medan, Palu, Surabaya, Semarang, Bali, Palembang dan lainnya.

“Kompetisi tahun ini sangat kompetitif. Dengan tingginya antusias peserta, berbagai proses pengembangan pengetahuan bisnis kami desain untuk mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin bisnis masa depan,” jelas Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Agus W Soehadi dalam keterangan resmi lepada Brilio.net.

Win Your Future © 2020 brilio.net

Setelah proses seleksi, 80 tim semifinalis mendapat kesempatan workshop langsung dari para praktisi bisnis sekaligus Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya. Sonny Agustiawan, Manager Program S1 Business Universitas Prasetiya Mulya, dalam salah satu sesi workshop memberikan pengetahuan mengenai Business Plan yang berbasis pada inovasi dan orientasi pasar.

"Harapannya, peserta tidak hanya dapat membuat bisnis yang inovatif, namun juga memiliki keunggulan daya saing dalam jangka waktu yang panjang,” jelas Sonny.

Sama halnya dengan proses pembelajaran yang dilakukan di Universitas Prasetiya Mulya, setiap mahasiswa didorong untuk berkreasi secara maksimal melalui bimbingan intensif dari Faculty Member, yang juga berperan sebagai para mentor. Di kompetisi ini, mahasiswa tingkat akhir serta alumni Prasmul terlibat secara aktif dalam sesi mentoring untuk para semifinalis, mulai dari persiapan ide bisnis hingga final.

“Ajang ini menjadi platform untuk para siswa mengasah kemampuan kognitif dalam analisa bisnis. Menariknya proses mentoring berjalan dengan proaktif dan kritis,” kata Jeremy Akwila, CEO EVENE, mahasiswa S1 Prasmul yang menjadi salah satu mentor kategori SMA.

Tidak dapat dipungkiri, ide bisnis dari para peserta begitu kreatif dan berkembang. Tentu dengan pesatnya kecanggihan teknologi, mampu mengakomodir berbagai solusi dari permasalahan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Setelah melalui rangkaian seleksi mulai dari workshop, mentoring, hingga presentasi final, kompetisi ini pun memasuki babak akhir. Melalui virtual awards ceremony, Tim TOVEE (SMA Victory Plus Bekasi) ditetapkan sebagai Juara I business plan competition kategori SMA. Disusul dengan Tim Helios (SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang) menduduki Juara II dan Tim Lehlang (SMA St Laurensia Alam Sutera) di Juara III.

Sedangkan untuk kategori Universitas, Tim Chem Bucket (Institut Teknologi Bandung) berhasil meraih Juara I, disusul Tim Genesis (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) untuk Juara II, dan Tim Tridentist (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) sebagai Juara III.

“Bagi future entrepreneurs, menggali potensi, menganalisis setiap kemungkinan, dan merencanakan bisnis ke depan adalah hal yang esensial. Di sini, kami merasakan pembekalan itu. Bukan hanya pemberian materi satu arah saja, tetapi juga bimbingan eksklusif oleh kakak alumni serta Tanya jawab dengan Faculty Member! Pengalaman ini yang menjadikan Win Your Future media pembelajaran bagi para perintis usaha yang berbeda dari yang lain,” ungkap Tim Chem Bucket. 

Pengalaman serupa juga dirasakan Tim TOVEE, “Kita belajar banyak banget nih dari lomba ini! Pengalaman, workshop seminggu yang kece dan bagus sekali, benar-benar keren! Terima kasih Prasmul!”

Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya Fredy Utama, sebagai perwakilan Dewan Juri Win Your Future 2020 menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya untuk energi dan semangat luar biasa dari seluruh partisipan di kompetisi ini.

"Melalui ide bisnis yang Anda sampaikan, tidak diragukan bahwa Indonesia tidak akan kehabisan generasi muda dalam berinovasi, kreatif, dan tentunya memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Selamat, kepada para Pemenang!" pungkas Fredy.