Brilio.net - Mencari pekerjaan memang bukan perkara yang mudah. Apalagi ketika kamu ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan besar harus didukung dengan keahlian yang memadai.

Oleh sebab itu, penting untuk mencari lowongan kerja secara sistematis. Seseorang harus melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai target itu dengan melihat modal skill yang dimiliki.

Berikut enam langkah mencari lowongan kerja agar mendapatkan hasil yang terbaik seperti dilansir brilio.net dari Jobstreet.com, Selasa (31/7).

1. Tentukan tujuan kariermu

Kamu perlu menentukan seperti apa tujuan kariermu. Apakah kamu ingin mendapatkan pengalaman langsung dan membangun kredibilitas sekarang atau memiliki ambisi khusus yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan.

2. Visualisasikan perusahaan atau atasan ideal

Sama pentingnya bagi kamu untuk memiliki tujuan karier yang jelas. Kamu juga perlu untuk memiliki gagasan yang jelas seperti apa bentuk perusahaan atau atasan idealmu. Lalu, apa lingkungan kerja idealmu dan budaya kerja apa yang paling cocok untuk kepribadianmu.

Bekerja dengan rekan kerja yang berpikiran sama akan menginspirasi dan memberikan motivasi, dan efek ini tidak akan terasa apabila terjadi sebaliknya. Dalam hal ini, penting untuk mengidentifikasi apakah kamu lebih suka bekerja di lingkungan kerja sosial yang dinamis atau kamu introvert yang lebih suka bekerja secara mandiri dengan interaksi sosial yang minim.

3. Cari tahu tentang perusahaan yang kamu pilih

Kamu harus mencari tahu tentang perusahaan yang kamu pilih, tentang kinerja perusahaan, kultur perusahaan dan baik buruknya perusahaan tersebut. Di sini kamu harus menjelajahi ulasan perusahaan secara online, memantau obrolan media sosial, forum online, dan grup obrolan yang relevan.

4. Cari kerja dengan cara yang cerdas

Saat ini banyak cara untuk kamu mencari pekerjaan. Tak perlu ribet kamu datang ke suatu perusahaan untuk memberikan berkas lamaran, tapi juga bisa melalui online.