Brilio.net - Di masa pandemi Covid-19, tetap bugar menjadi keharusan. Menjaga kesehatan dan imunitas dengan berolahraga menjadi salah satu cara agar terhindar dari paparan virus. Saat ini bersepeda menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat.

Berdasarkan survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), penggunaan sepeda meningkat hingga 10 kali lipat atau naik 1.000 persen saat PSBB Jakarta, dibanding Oktober 2019. 

Tapi tentu saja saat bersepeda, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan termasuk social dan physical distancing. Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi dalam bersepeda, Salonpas, produsen koyo OTC (obat bebas) sejak tahun 1975 menggelar Salonpas Sport Virtual Ride 2020. Ajang ini sebagai wadah memacu semangat para penggemar sepeda dalam mencoba kemampuannya melalui kegiatan bersepeda dengan total jarak 100km yang unik dan penuh keseruan.

Ajang yang merupakan bagian Salonpas Let’s Move (Sport Products Line-up) yang fokus pada Total Sport Recovery ini akan berlangsung selama 17 hari, mulai 20 November hingga 6 Desember 2020. Event ini didukung platform VRace dari SportHeroes. Oh iya pendaftarannya akan ditutup pada 6 November 2020.

“Salonpas Let’s Move merupakan komitmen dan misi kami dalam mendukung masyarakat agar tetap nyaman beraktivitas dan berolahraga karena Sport Products Line-up Salonpas begitu lengkap untuk kebutuhan sebelum olahraga sampai tahap recovery,” ujar Hirofumi Kato, Presiden Direktur Salonpas Indonesia.

Loading...

Seperti apa Salonpas Sport Virtual Ride 2020, berikut faktanya.

1. Menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh dengn virtual ride

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Konsep pelaksanaan Salonpas Sport Virtual Ride 2020 tetap dikemas untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh melalui bersepeda, juga untuk menghindari bersepeda dengan berkelompok. Melalui acara virtual ride, peserta tetap dapat bersepeda dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai alat pelindung diri dan menjaga jarak fisik.

2. Nih jarak tempuhnya

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Acara Salonpas Virtual Ride 2020 yang mengusung tema “Challenge Yourself to Keep Moving” ini harus ditempuh dengan jarak total 100 km dalam jangka waktu tersebut di manapun, baik di dalam maupun di luar Indonesia.

Melalui event ini, Salonpas tak hanya menggelar acara bersepeda, tapi juga sekaligus memberi edukasi bahwa olahraga itu tidak boleh memaksakan diri. Harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami harap event ini juga bisa menjadi inspirasi untuk para pesepeda baru, bahwa 100 km bukan hal yang tak mungkin dijalani, asal dilakukan dengan benar,” jelas Desy Setiarini, Product Manager Salonpas Sport Indonesia.

3. Kategorinya bervariasi loh

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Peserta Salonpas Sport Virtual Ride wajib menyelesaikan ride dengan jarak 100 km sesuai dengan kategori yang telah dipilih untuk bisa mendapatkan Finsiher Medals. Namun, kategorinya  beragam. Dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan serta batasan masing-masing peserta. 

Ada kategori Fun, yang mengharuskan peserta menyelesaikan perjalanan berjarak 100 km dalam 9 aktivitas bersepeda (8 kali bersepeda 10 km, dan 1 kali bersepeda 20 km).

Lalu kategori Move, untuk perjalanan berjarak 100 km dalam 6 aktivitas bersepeda (5 kali bersepeda 15 km, dan 1 kali bersepeda 25 km). Kategori terakhir adalah Unstoppable, jarak total 100 km yang ditempuh dalam  2 kali  bersepeda 30 km dan sekali bersepeda dalam jarak 40 km.

4. Bisa juga dilakukan di rumah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sport Buddies, masih ragu apakah jenis sepedamu termasuk dalam kualifikasi untuk mengikuti Salonpas Sport Virtual Ride 2020? Worry no more! Ini dia jenis-jenis sepeda yang bisa kamu gunakan untuk mencapai 100km di Salonpas Sport Virtual Ride 2020: 1. Sepeda Balap Jenis Aero, Endurance, maupun Lightweighter. 2. Mountain Bike Sesuaikan suspensi dengan jalur yang akan dilalui. 3. Sepeda Hybrid Sangat cocok jika kamu ingin bersepeda di jalan raya. 4. Sepeda Lipat Direkomendasikan untuk medan ringan dengan rute beraspal 5. Indoor Cycle Cocok untuk kamu yang lebih suka berolahraga di dalam ruangan. Kalau kamu, akan menggunakan sepeda jenis apa, Sport Buddies? #LetsMove #BeUnstoppable #LetsMovewithSalonpas #SalonpasSportVirtualRide2020

A post shared by Salonpas Sport Lineup (@salonpasletsmove) on

Bagi peserta yang akan melakukannya di dalam rumah, mereka dapat menggunakan smart trainer yang terhubung dengan beragam aplikasi olahraga seperti Garmin, Suunto, Polar, RunKeeper, MapMyRun, Ride, Walk  maupun UnderArmour. Dari sisi kesehatan olahraga, konsep multi kategori dalam kegiatan bersepeda ini memang sudah sangat tepat. Terlebih ketika para pesertanya terbuka dari berbagai usia dan kemampuan.

Intinya, kamu harus mengenali kemampuan diri. Sebab, tak kenal diri sendiri itu pangkal cedera. Langkah pertama inilah yang dapat dilakukan para peserta Salonpas Sport Virtual Ride dalam pemilihan kategori riding. Pilihlah kategori yang sesuai dengan kemampuan kamu ya.

Jangan lupa, set up sepeda yang baik, melakukan teknik bersepeda yang benar, jaga fleksibilitas dan mobiliitas sendi dan alat gerak, serta tahu kapan harus istirahat.

"Kita harus melatih diri kita dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera. Train smart, not hard,” papar dr Sophia Hage, SpKO, yang terkenal sebagai dokter kesehatan olahraga.

5. Ada coaching clinic gratis

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Misi edukasi tak hanya tergambarkan pada konsep event saja. Untuk memastikan bahwa para peserta sudah melakukan persiapan sebelum mengikuti Salonpas Sport Virtual Ride,  Salonpas bekerjasama dengan Runhood Performance juga menyediakan coaching clinic gratis untuk peserta sebanyak tiga kali. Kegiatan ini langsung dilatih Johnny Tieu, pelatih fisik kelas dunia dengan segudang pengalaman di Amerika Serikat dan Hong Kong.

6. Begini kata Vidi Aldiano

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Vidi Aldiano, salah satu penyanyi berbakat Indonesia yang mulai aktif bersepeda pun angkat suara tentang ketertarikannya terhadap event ini. Meski dirinya mengaku sebagai newbie dalam bersepeda, namun ia rutin melakukannya. Karena itu skill dan staminanya cukup terlatih.

“Jadi memang nggak ada kata nggak mungkin sih. Untuk teman-teman yang memang ingin bersepeda, yang penting itu sering-seringlah latihan, tanya kepada yang sudah ahli tentang bagaimana pemanasan, bike fitting, sampai pencegahan cederanya. Lalu sering-sering juga ikut event seperti ini, buat mengukur kemampuan aja. Yang penting tujuannya sehat, terus bisa dapat medali!” ujarnya penuh semangat.

7. Nih cara daftarnya

Salonpas Virtual Ride © 2020 brilio.net

Peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini, dapat melakukan pendaftaran di laman www.salonpasletsmove.com/virtual-ride dengan biaya Rp250.000,00. Calon peserta hanya dapat mendaftarkan untuk satu akun peserta dan hanya satu  email yang dapat digunakan untuk membuat akun tersebut.

Yuk ikutan untuk menjaga kebugaran.