Brilio.net - Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok menghadirkan kisah menarik selain dunia otomotif. Dalam event Internasional tersebut, rupanya panitia penyelenggara tak lupa menyiapkan pawang hujan untuk mengendalikan cuaca di Mandalika.

Pawang hujan tersebut pun bernama Rara Istiani Wulandari, pawang hujan yang bertugas di MotoGP Mandalika 2022.

Pada Minggu (20/3) saat MotoGP diselenggarakan, hujan deras pun turun. Tampak Rara turun ke jalan untuk mencoba mengendalikan hujan.

Momen Rara turun ke jalan tersebut terlihat pada Kanal MotoGP di Twitter. "Indonesia tried to use the magic power (pawang) to stop the rain in the mandalika circuit..MotoGP teams and riders are speechless," tulis akun @letnandown.

Disisi lain, Para pembalap sudah mengantisipasi cuaca yang tidak diprediksi di Mandalika dan kondisi serupa pernah dialami sirkuit di Lombok itu ketika menggelar balapan penutup musim WorldSBK pada November lalu.

Official MotoGP sempat menunda balapan hingga hujan reda. Kini hujan sudah mulai reda, dan balapan pun telah dimulai.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi terjadi hujan sedang hingga lebat selama perhelatan MotoGP Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022.

"Prospek kondisi cuaca area Mandalika selama 3 hari ke depan didominasi oleh adanya potensi berawan hingga hujan sedang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nur Siti Zulaicha dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3).

Aksi Rara tersebut juga sampai ditirukan oleh Fabio Quartararo. Melalui video yang beredar di Twitter, Quartararo terlihat menirukan aksi pawang dengan menggunakan kotak eskrim dan sendok ketika berada di paddock. Sontak hal itu membuat para penonton cukup terhibur dan tertawa.

(brl/far)

(brl/far)