Brilio.net - Berbicara tentang olahraga bulu tangkis, tentu tak lepas dari segudang prestasi yang pernah ditorehkan oleh para atletnya. Bulu tangkis merupakan olahraga yang selalu menjadi harapan Indonesia di setiap kompetisi untuk mendapatkan medali.

Banyak nama-nama atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dari ajang bulu tangkis. Tentu kalian sudah tau, baru baru ini misalnya, pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polli dan Aprilia Rahayu berhasil mendapatkan emas di Olimpiade Tokyo.

Nah, dibalik kesibukannya sebagai atlet, beberapa atlet ini juga memiliki bisnis sampingan. Tak mungkin selamanya menjadi olahragawan, mereka mulai berinvestasi dengan menjalankan sejumlah bisnis saat masih aktif menjadi atlet.

Menariknya, bisnis yang dirintisnya tersebut tak melulu berkaitan dengan dunia olahraga. Berdasar penelusuran, beberapa atlet ini juga memiliki usaha di bidang kuliner, fashion hingga properti.

Berikut deretan atlet bulu tangkis yang mempunyai usaha sampingan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/8).


1. Greysia Polli

Presiden Joko Widodo beli sepatu karya Greysia Polii © Instagram

foto: Instagram/@jokowi

Greysia Polli mempunyai bisnis sepatu yang ia beri nama dengan Fine Counsel. Hal ini terungkap saat dirinya diundang Presiden Jokowi ke Istana dalam rangka pemberian bonus atlet Olimpiade pekan lalu. Sepatu ini proses produksinya di Malang. Pasarnya sudah merambah ke Belanda, Australia, Korea dan Jepang.

Tak hanya bisnis sepatu, Greysia juga memiliki investasi di bidang properti. Bisnis perumahan bernama Grazia Residence itu dijalankan Greysia Polii bersama sang suami, Felix Djimin.


2. Kevin Sanjaya

Usaha sampingan 7 pebulu tangkis, Greysia Polii bisnis sepatu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vinionmilk.co

Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis dari sektor ganda putra yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon ini, ternyata diam-diam, juga memiliki usaha sampingan. Kevin Sanjaya mencoba keberuntungan di dunia bisnis dengan menjual produk susu murni, produk minuman ini dinamai Vinion oleh Kevin.


3. Mohammad Ahsan

Usaha sampingan 7 pebulu tangkis, Greysia Polii bisnis sepatu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kingvillabogor

Bukan hanya memiliki smash mematikan di lapangan, Mohammad Ahsan atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia ini juga memiliki usaha sampingan selain menjadi atlet bulu tangkis. Mohammad Ahsan mempunyai bisnis Villa di Kota Bogor yang ia beri nama The King Villa Bogor


4. Marcus Fernaldi Gideon

Usaha sampingan 7 pebulu tangkis, Greysia Polii bisnis sepatu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gideonbadmintonacademy

Ganda putra pasangan dari Kevin Sanjaya ini, selain garang di lapangan, ia juga memiliki usaha sampingan. Marcus Fernaldi Gideon membuka GOR penyewaan lapangan bulu tangkis di Bogor, Jawa Barat. Marcus juga memiliki usaha kafe dan toko olahraga.


5. Jonatan Christie

Usaha sampingan 7 pebulu tangkis, Greysia Polii bisnis sepatu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@satoenoesa

Jonatan Christie atau yang lebih dikenal dengan nama Jojo ini, mempunyai bisnis sampingan di dunia fashion. Dengan nama besar yang ia miliki, Jojo berusaha keberuntungan di dunia bisnis dengan membuka bisnis fashion dengan merek dagang Satoe-Noesa.


6. Fajar Alfian dan Rian Ardianto

Usaha sampingan 7 pebulu tangkis, Greysia Polii bisnis sepatu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fajri_coffee

Peraih medali perak di Asian Games Jakarta pada 2018 lalu ini, Fajar Alfian dan Rian Ardianto juga membuka bisnis kedai kopi di Kota Bandung. Mereka berdua bekerja sama dan menamai kedai kopi mereka dengan gabungan dari nama mereka berdua yaitu Fajri Coffee.

 

Reporter: Johari Saputra