×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tendangan bebas Septian David mirip gaya CR7, keren

0

BRILIO » Olahraga

Tendangan bebas Septian David mirip gaya CR7, keren

foto: Instagram/septiandavidmaulana;dailystar

Para ahli memberi nama tendangan ini knuckle shot.

03 / 12 / 2017

Brilio.net - Indonesia menang besar dengan skor 4-0 atas Brunei Darussalam pada laga Tsunami Cup, Sabtu (2/11) malam. Gol Tim Garuda, masing-masing dicetak Hansamu Yama pada menit ke-18', Septian David 25', Fachruddin 69' dan Yabes Roni 89'.

Tapi semua gol timnas pada laga tersebut, kontribusi Septian David Maulana menjadi yang paling mendapat perbincangan. Hingga namanya sempat menjadi trending topic di Twitter.

Pemain Mitra Kukar tersebut melakukan tendangan bebas ala-ala Cristiano Ronaldo. Bola yang ditendangnya melambung melewati pagar pemain Brunei tetapi di depan gawang menukik tajam, sempat memantul tanah, yang sulit dihalau kiper lawan. Pelatih timnas Luis Milla sempat dibuat kaget. Ekspresi tak percaya anak didiknya bisa melakukan tendangan seperti itu terekam di kamera.

Septian melakukan teknik knuckle shot. Tendangan ini adalah tendangan yang membuat bola seolah-olah berbelok dua kali di udara. Ya, berbeda dengan tendangan pisang yang membelokkan bola satu kali, knuckle shot membelokan dua kali ke dua arah yang berbeda.

Para ahli memberi nama tendangan ini knuckle shot karena terjadi efek knuckle (bola bergoyang di udara) ketika bola meluncur. Terdapat dua fenomena pada efek knuckle, yaitu fenomena di bidang vertikal dan fenomena di bidang horizontal.

Fenomena yang terjadi pada bidang vertikal adalah bola yang terjatuh lebih cepat dari seharusnya. Bola yang sedang meluncur kencang tiba-tiba jatuh beberapa sentimeter seolah-olah ada yang mendorongnya dari atas.

Sementara itu, fenomena di bidang horizontal adalah bola yang bergetar ke kanan dan ke kiri di udara. Hal inilah yang kemudian menyebabkan bola terlihat berbelok lebih dari sekali di udara.

Jika ditelisik, ini bukan pertama kali Septian mencetak gol demikian. Di klubnya Mitra Kukar, pemain yang lekat dengan nomor 29 ini juga sudah mencetak dengan cara seperti itu, seperti tersaji dalam video Instagram-nya:

 

Tendangan opo jare gusti allah

A post shared by David (@septiandavidmaulana) on

 




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    44%

  • Ngakak!

    22%

  • Wow!

    22%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more