Brilio.net - Jogging atau lari merupakan olahraga yang paling murah meski agak berat dilakoni. Meski demikian, banyak juga orang yang menggemari aktivitas yang satu ini. Buktinya banyak bermunculan komunitas lari baik di tingkat lokal maupun nasional. Bagi kamu yang sering lari, kamu harus tahu nih perbedaannya jogging di pagi, siang, dan juga malam. Hal ini bertujuan agar kamu maksimal dalam olahraga yang satu ini sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Runners World, Minggu (24/1).

1. Lari di pagi hari

Suka jogging? Ini lho beda lari di pagi, siang, dan malam hari

Efeknya memang kurang bagus untuk lari di pagi hari. Alasannya adalah tubuh kamu masih belum siap untuk gerak. Kondisi otot juga belum berfungsi secara maksimal. Bahkan, riset juga menunjukkan orang sering cidera ketika lari pagi. Meskipun begitu, manfaat yang tidak kalah penting adalah membuat tubuh kamu tangguh. Selain itu, lari di pagi hari bisa memotivasi untuk mencapai target dalam lari.

2. Pagi menjelas siang

Loading...

Suka jogging? Ini lho beda lari di pagi, siang, dan malam hari

Saat kamu lari di waktu-waktu ini, kamu memang sudah mempunyai tabungan karbo dan juga protein. Artinya, energi memang sedang tinggi. Selain itu fisikmu juga lebih siap. Meskipun lagi di jam seperti ini tidak disarankan. Alasannya adalah waktu ini lebih cocok bagi mereka yang olahraga dengan tujuan  ingin menambah berat badan.

3. Saat siang hari

Suka jogging? Ini lho beda lari di pagi, siang, dan malam hari

Waktu ini memang dianjurkan untuk lari. Memang di jam segitu, tubuh kamu memang sedang kondisi yang oke untuk lari. Asal, kamu bisa membagi waktu antara bekerja atau kuliah. Karena biasanya, jam istirahat hanya sekitar satu jam.

4. Sore atau malam hari

Suka jogging? Ini lho beda lari di pagi, siang, dan malam hari

Selain siang hari, sore atau malam juga waktu yang tidak kalah penting untuk lari. Otot dan juga performa paru-paru sudah stabil di waktu ini. Jadi, oke-oke saja, jika kamu ingin joging di malam atau sore hari. Meskipun begitu, banyak juga orang yang mengeluh karena sudah capai dengan aktivitas seharian.

Jadi, mulai sekarang tentukan pilihanmu!