Brilio.net - Mantan pemain Liverpool dan Timnas Inggris Steven Gerrard akhirnya umumkan keputusannya untuk pensiun dari dunia kulit bundar setelah 19 tahun berkarier. Pemain berusia 36 tahun ini sudah 710 kali bermain untuk Liverpool, delapan kali memenangkan tropi kejuaraan besar. Tapi di akhir masanya, ia memilih pindah ke LA Galaxy pada 2015 lalu.

Ia mengaku telah beruntung bisa mengalami banyak pengalaman besar selama berkiprah di dunia sepak bola.

"Saya telah memiliki karier yang luar biasa dan bersyukur untuk setiap waktu saya di Liverpool, Inggris dan LA Galaxy," ungkapnya seperti dilansir brilio.net dari BBC, Kamis (24/11).

"Sebagai seorang remaja saya memenuhi impian masa kanak-kanak saya dengan bergabung tim terkenal Liverpool. Ketika saya membuat debut melawan Blackburn Rovers pada November 1998, saya tak pernah membayangkan kiprah saya berlanjut selama 18 tahun," terangnya.

Selama kariernya hampir 19 tahun, Gerrard sudah bermain total 729 pertandingan dengan mencetak total 185 gol serta mengukir 115 assist. Ia tampil pada Liga Primer Inggris 504 kali laga dan mencetak 120 gol serta 67 assist. Sedangkan pada Liga Champions, ia bermain dalam 74 laga dengan mencetak 21 gol dan 12 assist.

Loading...

Tak hanya itu, ia juga sudah bermain sebanyak 114 pertandingan bersama Timnas Inggris dengan 3 kali menjabat sebagai kapten dalam 6 turnamen besar yang diikutinya.