Brilio.net - Usia aktif pemain sepakbola tidaklah lama. Katakanlah bila ia memulai karier di usia 18 tahun, selain posisi kiper paling lama ia hanya punya waktu 20 tahun aktif di dunia sepak bola profesional. Sedih memang ketika ada pesepakbola top gantung sepatu. Tapi suka tidak suka hal itu pasti terjadi. Pesepakbola yang sudah tua pasti pensiun cepat atau lambat.

Seperti 10 Pemain top yang bermain di EURO 2016 yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/6) ini. Dengan usia sudah menginjak kepala tiga, mereka diberitakan akan pensiun dari Tim nasionalnya masing-masing. Siapa saja mereka?

1. Patrice Evra (Prancis).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Pemain yang mencuat bersama Manchester United ini sudah berusia 35 tahun. Ia dikabarkan akan pensiun dari Timnas dengan alasan regenerasi skuat.

Loading...

2. Tomas Rosicky (Republik Ceko).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Gelandang Timnas Republik Ceko ini juga berencana pensiun usai EURO 2016. Faktor fisik yang rentan cedera menjadi alasan pemain tengah berusia 35 tahun tersebut.

3. Iker Casillas (Spanyol).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Kiper legendaris ini pernah memenangkan semua gelar prestisius bersama Timnas Spanyol maupun Real Madrid. Di usia 36 tahun Casillas bukan lagi pilihan utama mengawal gawang Tim Matador. Ia kalah bersaing dari kiper Manchester United, David De Gea.

4. Gianluigi Buffon (Italia).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Buffon seperti halnya Casillas adalah kiper legendaris. Dirinya sebenarnya masih sangat layak membela Timnas Italia. Tapi Buffon berencana mundur untuk pemain yang lebih muda.

5. Zlatan Ibrahimovic (Swedia).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Ibra, sapaan akrabnya sudah resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Swedia saat tim yang dipimpinnya tersebut tersingkir di babak penyisihan grup.

6. Robbie Keane (Republik Irlandia).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Pemain veteran berusia 36 tahun ini juga berencana mundur karena faktor usia. Penyerang LA Galaxy ini adalah pemain paling senior di Timnas Irlandia.

7. Wayne Rooney (Inggris).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Penyerang berusia 31 tahun tersebut belum mengutarakan niatnya untuk pensiun. Namun banyak kalangan menyarankan agar Rooney fokus saja ke klubnya sekarang, Manchester United.

8. Bastian Schweinsteiger (Jerman).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Kapten Jerman yang juga rekan satu tim Wayne Rooney di Manchester United ini sudah rentan cedera. Banyak kalangan menyarankan dirinya untuk mengikuti jejak Philip Lahm untuk pensiun dari Timnas Jerman.

9. Andreas Iniesta (Spanyol).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Dirijen lini tengah Spanyol berusia 34 tahun ini juga santer diberitakan akan pensiun dari Timnas Spanyol usia EURO 2016. Ia ingin memberikan peran kepada pemain muda yang berjibun di skuat Spanyol.

10. Ricardo Carvalho (Portugal).

Pemain Pensiun © 2016 brilio.net

Mantan bek Chelsea ini sudah berusia 38 tahun dan terlihat sudah keteteran mengawal striker yang lebih muda. Pensiun adalah opsi paling memungkinkan.