Brilio.net - Belgia bisa dibilang menjadi salah satu tim yang sangat produktif di gelaran Piala Dunia kali ini. Pada dua pertandingan yang sudah mereka lewati, tim berjuluk Setan Merah ini telah mencetak total delapan gol. Sementara gawang Thibaut Courtois baru kebobolan dua kali yang keduanya didapat saat menang dari Tunisia dengan skor 5-2, Sabtu (23/5).

Tak dapat dipungkiri, Belgia menjadi salah satu tim yang patut disegani. Lihat saja deretan pemainnya. Dari penjaga gawang hingga penyerang, semuanya berlabel pemain bintang. Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin de Bruyne, Eden Hazard dan Romelu Lukaku, semuanya pemain andalan dari klubnya masing-masing di Liga Inggris.

prediksi koran belgia © berbagai sumber

foto: Instagram/@theunitedarmy

Tak banyak yang tahu, ternyata kesuksesan timnas Belgia memiliki pemain-pemain bintang seperti sekarang ini telah diprediksi 16 tahun lalu oleh sebuah koran lokal. Pada surat kabar yang terbit pada tahun 2002 tersebut, mereka membahas para pemain muda potensial yang akan membawa kesuksesan pada tim nasionalnya.

Loading...

Ajaibnya, 80% dari nama pemain muda yang dituliskan pada koran tersebut saat ini menjadi pemain andalan Belgia di Piala Dunia 2018. Nama pemain yang diprediksi koran tersebut antara lain Romelu Lukaku, Dries Mertens, Eden Hazard, Axel Witsel dan Kevin de Bruyne.

prediksi koran belgia © berbagai sumber

foto: Twitter/@ariomazda

Sementara sisanya merupakan pemain penghuni bangku cadangan yang memiliki kualitas setara dengan pemain utamanya. Sebut saja Vincent Kompany, Simon Mignolet dan Moussa Dembele.

Hal serupa juga pernah terjadi di Indonesia. Saat timnas U-19 berhasil menjuarai Piala AFF dan lolos ke Piala Asia setelah mengalahkan Korea Selatan. Banyak yang memprediksi dan berspekulasi bahwa Evan Dimas dan kawan-kawan merupakan generasi emas Indonesia. Namun sampai saat ini, prestasi Indonesia pun belum juga membaik.

Dilansir brilio.net dari kolom komentar cuitan akun Twitter @ariomazda, warganet Indonesia pun ramai berkomentar dengan prediksi koran tersebut, banyak dari mereka yang membandingkan dengan kondisi sepakbola Indonesia saat ini.

"Kita U-19 & U-23 biasanya banyak yang potensial, tapi begitu mencicipi liga senior langsung melempem ketularan malesnya," tulis akun @donnypep.

"Sulit mas kalau perbandingannya sama indonesia skala liga aja masih kotor bangun timnas yang apik dan mengandalkan pemain muda harus dengan mental yang terdidik pula dari pemainnya, penyakitnya pemain muda indonesia sih 'starsyndrome'," tulis @bimochozah.

"Sempet ada kan beberapa taun ke belakang pemuda Indonesia di 'sekolain' di belgia......kalo jago pindah warganegara tuh," tulis akun @DriverGokil.