Brilio.net - Ezra Walian gagal membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Vietnam. Meski demikian, dia tetap memberikan dukungan kepada rekan-rekannya dengan menetap di sana sampai perhelatan kualifikasi usai pada Selasa (26/3).

Ezra Walian tidak diperkenankan tampil untuk tim nasional Indonesia sejak Kamis (21/3) atau sebelum laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020 AFC di Vietnam oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) lantaran dinilai melanggar aturan yang tercantum di Statuta FIFA.

Ezra, yang dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2017, dinilai tidak memenuhi syarat berlaga di Timnas Indonesia karena pernah bermain di Timnas U-17 Belanda di kualifikasi Piala Eropa U-17 pada tahun 2013.

Akan tetapi, FIFA tetap membuka peluang kepada PSSI untuk menyodorkan dokumen atau bukti resmi yang bisa menggugurkan keputusan tersebut.

PSSI sendiri sudah menyatakan akan terus memperjuangkan tempat Ezra di Timnas Indonesia.

Pemain berusia 21 tahun itu pun tidak putus harapan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dianggapnya akan serius menangani polemik dirinya.

"Saya tahu PSSI bekerja keras untuk menangani persoalan itu," kata Ezra di Kompleks Lapangan VFF, Hanoi, Vietnam, seperti dilansir Brilio.net dari Antara, Sabtu (23/3).

Penyerang klub RKC Waalwijk di Belanda tersebut mengakui masih sulit menerima vonis dari FIFA. Apalagi, kebijakan itu dikeluarkan ketika dia sudah mencurahkan fokus untuk Timnas U-23 Indonesia yang berlaga di kualifikasi Piala Asia U-23.

"Saat ini semua terasa sulit bagi saya. Saya sedih, tetapi bagaimanapun ini adalah keputusan FIFA," tutur Ezra.

Meski saat ini dilarang bermain untuk Timnas di laga-laga dan turnamen resmi oleh FIFA, Ezra merasa yakin dirinya bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya yakin semua akan baik-baik saja dan saya bisa bermain kembali untuk Timnas Indonesia," ujar Ezra.

Dia tampak bersama sang ayah Glenn Arthur di bangku penonton saat Timnas U-23 berlaga kontra Thailand di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020, Jumat (22/3). Sayangnya, laga ini berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Thailand.

Ezra juga turut berlatih bersama rekan-rekannya pada hari ini, Sabtu (23/3) sebagai bagian dari persiapan menuju laga kontra Vietnam dalam lanjutan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3), mulai pukul 20.00 WIB.