Brilio.net - Pembalap Moto3 kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji menunjukan hasil yang impresif saat babak kualifikasi. Pembalap Astra Honda Racing Team ini akan mengawali race mulai dari pole position ketiga.

Pada putaran kualifikasi, Mario bersaing ketat dengan pembalap lain dan menorehkan waktu konsisten 1 menit 45 detik. Bahkan putra daerah asal Magetan tersebut menorehkan waktu tercepat 1 menit 42,064 detik. Namun torehan itu dapat dipatahkan oleh Sergio Garcia dengan selisih tipis 0,302 detik.

Pada babak kualifikasi, Mario Aji menjadi pembalap tercepat dengan waktu 1 menit 42,051 detik. Torehan tersebut unggul tipis dari Ayumu Sasaki. Mario bertarung ketat dengan pembalap kawakan Dennis Foggia dan Diego Moreira.

Mario Aji berhasil konsisten dengan kuda besi yang ditungganginya. Pada babak kualifikasi ia menorehkan waktu 1 menit 41.567 detik. Dengan torehan tersebut sejarah baru pembalap asal Indonesia yang mengawali race Moto3 Mandalika pada posisi row terdepan.

Mario Suryo Aji akan start di Row terdepan, catatatkan sejarah baru © berbagai sumber

foto: Instagram.com/ @astrahondaracingteam

Mario Aji akan bersaing ketat dengan Charles Tatay, dan Diego Moreira di depannya. Dan bukan tidak mungkin Mario juga akan mendapatkan tekanan dari pembalap lain seperti Andrea Migno dan Xavier Artigas.

Torehan Mario Aji sekaligus menjadi catatan sejarah tersendiri. Ia menjadi pembalap Indonesia pertama yang start dari posisi ketiga pada ajang Grand Prix.

Sebelum Mario Aji, ada sejumlah pembalap motor yang juga tampil pada ajang Grand Prix, mulai dari Doni Tata Pradita, Rafid Topan, Dimas Ekky, dan Andi Gilang.

"Luar biasa 'front row' pertama untuk Indonesia setelah 25 tahun, Mario memberikan kejutan untuk pertama kalinya untuk Indonesia. Mohon dukungannya untuk balapan besok, semoga Mario bisa menikmati balapan besok dan finis di posisi poin, Mario akan berikan yang terbaik," kata Mario di Sirkuit Mandalika.

Berstatus sebagai pebalap tuan rumah tidak membebani pebalap yang pernah mengenyam pengalaman di kejuaraan CEV Moto3 Eropa itu. Ia akan berusaha memberikan penampilan yang terbaik bagi para pendukung tuan rumah yang memiliki ekspektasi tinggi kepada sang "home hero" mereka.

"Pasti mereka berekspektasi tinggi semua kemarin, cuman Mario tidak ingin terganggu dengan ekspektasi tinggi mereka, Mario tetap fokus seperti di balapan sebelumnya dan kebetulan Mario mendapatkan 'feel' yang bagus di atas motor di Mandalika," kata dia dilansir dari Antara.


Hasil kualifikasi Moto3 Mandalika 2022

1. C. Tatay 1 menit 41,232 detik
2. D. Moreira +0.083
3. M. Aji +0.335
4. X. Artigas +0.353
5. A. Migno +0.362
6. D. Foggia +0.442
7. S. Garcia +0.579
8. I. Guevara +0.598
9. D. Oncu +0.971
10. A. Sasaki +1.036