Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji bisa mendulang prestasi di ajang Moto3 Mandalika Nusa Tenggara Barat. Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat melepas pembalap MotoGP di Istana Merdeka pada hari ini Rabu (16/3).

"Pembalap kita, Mario ikut di Moto3. Itu bibit, kita harapkan bisa naik terus ke tahap selanjutnya dan ke MotoGP," kata Jokowi, dikutip dari Antara.

Menurut Jokowi, potensi munculnya pembalap Tanah Air ini sangat besar mengingat tingginya jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia.

karier balap Mario Aji Berbagai sumber

foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Tadi saya sampaikan bahwa Indonesia memiliki 122 juta sepeda motor. Jadi saya sampaikan fans mereka itu banyak sekali di sini," lanjutnya.

Seperti diketahui, Mario Aji merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang mengikuti ajang balap Moto3 GP 2022. Rider muda ini juga sudah mengukir banyak prestasi membanggakan.

karier balap Mario Aji Berbagai sumber

foto: Instagram/@maruisuryoaj1

Awal karier profesionalnya sebagai pembalap bermula di Idemitsu Talent Cup pada 2018. Saat itu Mario berhasil menempati posisi kelima. Sepanjang musim Mario meraih merengkuh satu kemenangan dan tiga podium. Mario kemudian pindah ke Junior Talent Team di FILM Moto3 Junior World Championship.

Pria yang lahir 16 Maret 2004 di Magetan, Jawa Timur ini juga pernah mengaspal di kejuaraan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pada 2021, Mario Aji sempat mendapatkan kesempatan turun di dua seri Moto3, yakni Emilia-Romagna dan Algarve Grand Prix.

Lalu pada tahun 2022 ini, Mario Aji akhirnya mendapat kesempatan turun semusim penuh di Moto3 2022 untuk Honda Team Asia Jepang. Selama Moto3 2022, Mario Aji akan tampil dalam 21 seri di 16 negara, termasuk Indonesia yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika.