Brilio.net - Inggris lolos secara dramatis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kolombia di babak tos-tosan. Bukan hanya sukses meraih tiket 8 besar, Harry Kane dkk juga memiliki prestasi lainnya. Mereka sukses menghapus hantu adu penalti di turnamen internasional.

Skuat The Three Lions melawan Kolombia di Spartak, Rabu (4/7) dini hari. Pertandingan berlangsung dalam tensi panas. Walau Inggris lebih difavoritkan, Kolombia tak menerima begitu saja. Statistik membuktikan bahwa kedua tim bermain imbang.

Menurut data dari Espnfc, Inggris memiliki penguasaan bola 52 persen. Mereka sukses melepaskan 16 tembakan, dua di antaranya mengarah ke gawang. Meski penguasaan bola Kolombia lebih sedikit, 48 persen, mereka justru bisa bermain efisien. Kolombia melepaskan 14 tembakan, 4 di antaranya on target.

Gol Inggris sendiri tercipta dari kaki Harry Kane setelah sukses mengeksekusi penalti pada menit 57. Pertandingan kali ini tampak akan berakhir dengan kemenangan Inggris. Namun, Kolombia melalui Yerry Mina sukses memberikan pukukan untuk Raheem Sterling dkk lewat gol di injury time.

Skor 1-1 bertahan hingga perpanjangan waktu 120 menit. Laga dilanjutkan dengan babak tos-tosan. Inggris menatap babak penalti dengan sedikit was-was. Pasalnya dalam tiga edisi Piala Dunia, Inggris selalu tersingkir karena adu penalti, yakni pada tahun 1990, 1998 dan 2006.

Loading...

Tak hanya itu dalam empat kali adu penalti Piala Eropa terakhir mereka juga memiliki catatan minor. Mereka hanya menantg pada Piala Eropa tahun 1996 melawan Spanyol.

Radame Falcao sebagai penenda pertama Belgia sukses menjalankan tugasnya. Kesuksesan itu dilanjutkan Juan Cuadrado dan Luis Muriel. Inggris sempat ketar-ketir ketika penendang ketiga Jordan Handerson gagal. Sebelum Jordan Henderson, dua penendang Inggris yaitu Harry Kane dan Marcus Rashford sukses.

Pahlawan kemenangan Inggris pantas disematkan kepada kiper Jordan Pickford. Ia sukses menggagalkan penaltu pemain Kolombia, Mateus Uribe. Lalu penendang keempat Kieran Tripiier sukses menjadi eksekutor penalti.

Harapan Kolombia semakin pupus ketika Carlos Bacca gagal melakukan tugasnya. Pemain Tottenhan Hotspur, Eric Dier yang menjadi penendang terakhir sukses menutup adu penalti dengan kemenangan Inggris.

Atas kemenangan ini, Inggris berhak maju ke babak perempatfinal. Terakhir kali mereka merasakan babak 8 besar adalah 12 tahun lalu. Inggris bakal melawan Swedia di babak 8 besar.