Brilio.net - Timnas Indonesia harus memulai ajang AFF 2018 dengan terseok-seok. Pada pertandingan pertama Evan Dimas dan kawan-kawan kalah dari Singapura. Meski bisa menang 3-1 atas Timor Leste di pertandingan kedua, namun perjalanan Indonesia dinilai masih terasa berat. Sebab di pertandingan selanjutnya timnas harus melakoni laga tandang melawan Thailand.

Jika ingin lolos tanpa banyak syarat, tentu pada pertandingan tersebut Indonesia harus menang. Dengan begitu di laga terakhir lawan Filipina, skuat Bima Sakti bisa lebih fokus untuk memenangkan pertandingan tanpa harus memikirkan syarat seperti mengejar selisih gol ataupun head to head.

Jelang laga yang akan digelar pada Sabtu (17/11), Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand, Somyot Poompanmoung berkomentar tentang lawan yang dirasa paling menyulitkan di Piala AFF 2018 kali ini. Tapi menariknya, Indonesia tak disebutkan sama sekali.

thailand remehkan indonesia © Instagram

foto: Instagram/@thaileague

Loading...

Dilansir brilio.net dari laman ESPN, Poompanmoung yang menargetkan untuk mempertahankan gelar menyebutkan selain Vietnam, Singapura dan Malaysia yang diprediksi menjadi tim yang menyulitkan mereka. Ia juga mewaspadai Filipina yang permainannya lebih berkembang tahun ini setelah dilatih oleh mantan pelatih Inggris, Sven-Goran Eriksson.

"Mereka semua rival kami dan kami merasa terhormat menjadi rival mereka. Mereka akan menjadi lawan yang berat tapi jika kami ingin mempertahankan gelar maka harus berusaha maksimal," ujarnya seperti brilio.net kutip pada Kamis (15/11).

Dari pernyataan tersebut, Indonesia tidak sama sekali disebutkan ataupun dilirik sebagai saingan kuat Thailand. Padahal selama ini, Timnas Indonesia selalu menyulitkan langkah mereka baik di Piala AFF maupun kompetisi Asia lainnya.

Pada edisi sebelumnya saja, Hansamu Yama dan kawan-kawan berhasil membuat repot Thailand di laga final. Pada pertandingan leg pertama mereka harus bertekuk lutut dengan skor 2-1. Meski mereka akhirnya ke luar sebagai juara karena dapat mengalahkan Indonesia di leg kedua dengan skor 2-0.

thailand remehkan indonesia © Instagram

foto: bola.net

Thailand melakukan pertandingan pertama di AFF 2018 dengan sangat menjanjikan. Tim berjuluk The War Elephants ini berhasil mencukur Timor Leste dengan tujuh gol tanpa balas. Padahal tahun ini mereka tidak diperkuat sejumlah pemain bintangnya.

Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan tidak dipanggil karena ketiganya sedang sibuk mengikuti kompetisi di Jepang. Satu lagi nama bintang yang tidak main di AFF 2018 adalah Kawin Thamsatchanan. Kiper yang bermain di Liga Belgia ini juga sedang sibuk bersama klubnya.