Brilio.net - Laga puncak Indonesia Masters 2019 yang digelar Minggu (27/1) menampilkan tiga wakil Indonesia. Duel all Indonesian final terjadi di ganda putra antara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan versus Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Di laga ini, Kevin/Marcus keluar sebagai juara.

Wakil Indonesia lainnya adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran. Laga Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir versus ganda China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ini cukup ditunggu-tunggu pulik Tanah Air karena menjadi laga terakhir Liliyana. 

Namun dalam laga terakhirnya ini Butet (sapaan Liliyana Natsir) harus menerima kekalahan. Bersama Tontowi Ahmad, ia gagal mengandaskan ganda China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Owi/Butet yang unggul di game pertama, akhirnya kalah dengan skor akhir 19-21, 21-19, 21-16.

Turnamen Indonesia Masters 2019 menjadi penampilan terakhir Liliyana Natsir. Atlet berusia 33 tahun itu memutuskan pensiun setelah 24 tahun menggeluti bulutangkis sebelum memfokuskan diri pada bisnis yang dirintasnya sejak 2015.

"Hari ini, Minggu 27 Januari 2019, saya menyatakan untuk pensiun sebagai atlet profesional bulu tangkis. Saya tidak pernah menyesal menjadi atlet bulu tangkis. Dunia ini yang membesarkan nama saya, dunia ini yang membuat saya bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," tutur atlet peraih gelar juara dunia 2005, 2007, 2013, dan 2017 itu dikutip antara.

Loading...

Meski ia tak berhasil di akhir kariernya, Liliyana atau akrab dengan panggilan Butet tersebut tetap banjir bujian dari warganet. Berbagai komentar hangat disampaikan warganet sebagai penyemangat dan ucapan terimakasih karena telah membanggakan bangsa Indonesia.

"Kalah bertanding bukan berarti kalah di hati #TerimakasihButet," tulis pengguna Twitter @Fashanur

"Gimana nggak bangga punya atlet macem cik Butet, Nggak latihan intensif selama 2 bulan aja masih bisa masuk final. Tangannya itu loh magic banget. Sukses selalu panutan ku di dunia perbulutangkisan," tulis pengguna Twitter @Amallia_Sundari

"Terima kasih ci Butet atas perjuangannya. Tidak akan pernah terlupakan prestasi yang telah diraih (juara dunia, all england, olimpiade rio dll). Happy retirement ci #TerimaKasihButet," tulis pengguna Twitter @sitepusalim

"Terimakasihh Butet, kita akan selalu trisno marang sliramu. You're Legend #TerimaKasihButet," tulis pengguna Twitter @arifahid

"#TerimaKasihButet untuk semua yg telah korbankan untuk indonesia...

Kami bangga sekali lagi #TerimaKasihButet," tulis pengguna Twitter @radjanurzul