Brilio.net - Pasangan ganda campuran parabadminton Indonesia Leani Ratri Oktila-Hary Susanto menambah medali emas Indonesia di hari terakhir pelaksanaan Paralimpiade Tokyo 2020. Torehan ini membuat kontingen Merah Putih mengantongi dua medali emas.

Leani Ratri Oktila-Hary Susanto sukses menyingkirkan pasangan Lucas Mazur-Faustine Noel dari Perancis. Melalui pertarungan sengit itu Indonesia meraih kemenangan 23-21, 21-17.

"Para badminton yang memainkan partai terakhirnya di nomor Mixed Double SL3-SU5 menyumbang medali terakhir Indonesia, berupa medali emas," begitu informasi yang disampaikan dalam akun Instagram @npcindonesia.

Melalui pencapaian ini, Indonesia resmi mendapat 2 medali emas, 3 perak, 4 perunggu. Dari catatan itu, 6 medali di antaranya diraih dari cabang bulutangkis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Emas kedua Indonesia © Instagram

foto: Instagram/@npcindonesia

"Dengan pencapaian ini menjadi emas kedua Indonesia sekaligus medali keenam dari cabang para badminton. Sedangkan total perolehan medali Indonesia di Paralympic Tokyo saat ini menjadi 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Pencapaian ini mengantarkan indonesia di peringkat ke-43 dalam perolehan medali," begitu yang dijelaskan @npcindonesia.

Pencapaian ini menjadi sejarah tersendiri bagi Leani Ratri Oktila. Di Paralimpiade Tokyo ini dia meraih 3 medali, masing-masing 2 emas dari ganda putri dan campuran, serta 1 perak di tunggal putri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NPC Indonesia (@npcindonesia)

Dukungan dan ucapan selamat pun lantas ramai diberikan untuk para atlet Indonesia. Tampak pujian dan ucapan terima kasih ditujukan atas keberhasilan ini.

"Alhamdulillah.. keren.. terima kasih," ujar @lani_aripin.

"Nangis banget waktu nonton," komentar @zrddd__

"Proud, bangga banget, merinding nontonnya," jelas @evyrhmaa_

(brl/pep)