Brilio.net - Manny Pacquiao mengumumkan telah pensiun meninggalkan ring tinju. Sosok yang lebih dikenal dengan julukan Pacman ini banting setir dan memilih fokus terjun ke dunia politik.

Lewat Instagram miliknya @mannypacquiao, Manny Pacquiao mengunggah video perpisahan yang berdurasi 14 menit. Ia juga hanya menuliskan caption singkat berisi kalimat "Goodbye boxing".

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manny Pacquiao (@mannypacquiao)

"Saat saya menggantung sarung tinju, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh dunia, terutama orang-orang Filipina yang telah mendukung Manny Pacquiao. Selamat tinggal tinju," kata Manny Pacquiao.

Ia kemudian dengan tegas mengatakan keputusannya untuk pensiun.

"Sulit bagi saya untuk menerima bahwa waktu saya sebagai petinju sudah berakhir. Hari ini saya mengumumkan pensiun saya," lanjutnya.

Pacman pensiun  © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mannypacquiao

Kini Pacquiao mengakhiri kariernya sebagai atlet tinju selama 26 tahun. Pria kelahiran 17 Desember 1978 itu memenangkan 12 gelar dunia dan merupakan satu-satunya petarung dalam sejarah yang memenangkan gelar di delapan kelas berat yang berbeda. Julukan Pacman sendiri merupakan singkatan dari People's Champ dan National Fist yang disebut-sebut menjadi bentuk kehormatan atas kariernya yang legendaris.

Usai pensiun jadi petinju, ia diketahui mencalonkan diri sebagai presiden Filipina dalam pemilihan yang akan diselenggarakan pada Mei 2022 mendatang.

(brl/tin)

(brl/tin)