Kedua tim sempat bersitegang bahkan sampai harus baku hantam. Momen yang paling menegangkan terjadi ketika Irfan Jauhari berhasil mencetak gol ketiga bagi Timnas Garuda di menit awal babak pertama ekstra time. Para official Thailand yang melihat timnya tertinggal jumlah gol merasa geram dan terlihat mendatangi bench official timnas Indonesia dan langsung memprovokasi hingga terjadi baku hantam.

Momen erick thohir turun tangan Berbagai sumber

foto: Twitter/@pssi

Pertandingan pun terjeda. Bahkan petugas berseragam sebagai pengaman pertandingan sampai harus turun tangan melerai kedua tim. Wasit pun langsung menindak tegas insiden ini. Dua kartu merah untuk official dan pemain Indonesia dikeluarkan. Sementara ada dua kartu merah untuk official Thailand dan satu kartu merah untuk penjaga gawang Tim Gajah Putih.

Di momen genting ini lah Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sampai turun tangan menenangkan suasana. Dilansir brilio.net dari bola.com pada Selasa (17/5), terekam jelas Erick Thohir ikut melerai ketegangan dan turut menenangkan anak-anak Garuda untuk tetap fokus pada pertandingan.

Momen erick thohir turun tangan Berbagai sumber

foto: YouTube/BolacomID

Dalam video tersebut, terlihat Erick Thohir berjalan mendekati kerumunan sambil melerai para pemain dan staff yang terlibat bentrok. Ia juga berteriak untuk menenangkan suasana dan meminta para pemain agar fokus pada pertandingan.

Momen erick thohir turun tangan Berbagai sumber

foto: YouTube/BolacomID

Selama SEA Games berlangsung, Erick Thohir memang tak pernah absen memberikan dukungan langsung untuk skuad Garuda. Momen tersebut pun mendapat banyak sorotan dan bikin salut warganet. Tak sedikit juga yang memberikan apresiasi pada aksi Ketua Umum PSSI berusia 52 tahun ini.

"Salut perjuangan kalian semua. Dan saya percaya dibawah pak Erick Thohir Timnas kita akan semakin mendunia. Terima kasih pada kalian semua," ujar pemilik akun Ciko Coki.

"Indonesia memang benar benar pejuang sejati untuk kali ini harga diri bangsa harus dibayar dengan darah terima kasih pak Sumardi, Bagas Kafa, dan seluruh Tim," ujar pemilik akun bernama Wahidin Sdr.

"Selamat medali emasnya. Terharu banget pokoknya sama perjuangan timnas Indonesia, semua akan indah pada waktunya. Teruntuk pak Erick, salut banget!" kata akun Nyonya Arzu Emiroglu.

"Akan menjadi sejarah epic yg tak mungkin dilupakan oleh segenap rakyat Indonesia," timpal akun Siluman Online.