Brilio.net - Pesepak bola asal Spanyol, Fernando Torres mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Jumat (21/6) siang. Saat ini, pemain berusia 35 tahun itu tergabung dalam klub Sagan Tosu yang bermain di Liga Utama Jepang.

Mantan pemain Liverpool, Chelsea, Atletico Madrid, dan juga tim nasional Spanyol itu menyampaikan keputusannya untuk gantung sepatu lewat akun Twitternya. Ia diketahui akan menggelar konferensi pers resmi mengenai keputusan pensiunnya pada Minggu (23/6)

"Saya mempunyai sesuatu yang sangat penting untuk diumumkan. Setelah 18 tahun yang mengesankan, waktu telah tiba untuk saya mengakhiri karier sepak bola. Pada hari Minggu tanggal 23 Juni besok pukul 10 pagi waktu Jepang, saya akan mengadakan konferensi pers di Tokyo untuk menjelaskan hal ini secara detail. Sampai Jumpa," tulis Fernando Torres

Loading...

Torres dikenal sebagai pesepak bola yang punya banyak prestasi, baik di level klub maupun tim nasional. Namanya mulai mencuat saat bermain di Atletico Madrid selama tujuh tahun dari tahun 2001 hingga 2007. Dari 214 penampilannya bersama Atletico Madrid, ia mengemas sebanyak 82 gol.

Karier pemain berjuluk "El Nino" itu kemudian berlanjut di Liga Inggris. Ia sukses bersinar bersama Liverpool dan Chelsea dari tahun 2011 hingga 2015. Usai berkiprah di Liga Inggris, Torres kemudian sempat menjalani dua musim bersama AC Milan di Liga Italia. Sebelum mengakhiri karier di Liga Jepang, Torres sempat kembali ke klub yang membesarkan namanya, Atletico Madrid pada tahun 2015 hingga 2018.

Di level timnas, Torres telah memperkuat tim matador sejak usia 17 tahun. Ia telah mengemas 110 caps bersama timnas senior Spanyol dengan torehan 38 gol. Sejumlah prestasi yang ia raih bersama timnas Spanyol antara lain menjadi juara Euro tahun 2008 dan 2012 hingga Piala Dunia 2010.

Keputusan Torres untuk pensiun dari sepak bola langsung mendapat respons yang beragam dari banyak pihak, mulai dari para penggemarnya, mantan klub, hingga sejumlah pesepak bola top lain.

Mantan klub Torres, Atletico Madrid juga tak ketinggalan memberikan ucapan usai Torres mengumumkan pensiun. Lewat akun Instagram resmi, Atletico Madrid menuliskan rasa bangganya pernah memiliki pemain tersebut.

"Anda telah menjadi bagian dari kami sebagai seorang pemain dan Anda adalah legenda. Kami bersyukur Anda membawa nama baik Atletico Madrid ke seluruh dunia," tulis Atletico Madrid.

Ungkapan lain juga disampaikan pemain Spanyol, Luis Garcia tak lama usai Torres mengumumkan untuk pensiun.

"Kita punya banyak momen indah kawan! Sangat menyenangkan bisa melihatmu menjadi legenda pertandingan. Doa terbaik untukmu ke depan!" tulis pemain Spanyol, Luis Garcia.