Brilio.net - Pemain muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, menjadi salah satu pemain yang mampu menembus sepak bola Eropa di usia muda. Bersinar bersama Timnas Indonesia U-19, Egy sempat masuk radar klub eropa seperti Espanyol dan Benfica sebelum akhirnya memutuskan bermain untuk klub Polandia, Lechia Gdansk.

Sejak pindah ke Polandia, pemain asal Medan ini belum juga diberi kepercayaan oleh pelatih Piort Stokowiec untuk main di tim utama. Dia kerap hanya menduduki bangku cadangan.

Egy sering dimainkan untuk tim kedua Lechia. Di sana ia sudah mencetak delapan gol dan beberapa assist. Kemudian belakangan namanya selalu dibawa di bangku cadangan sebagai pemain pengganti.

egy debut © Instagram

foto: Twitter/@arga11

Loading...

Namun pada Minggu dini hari WIB (23/12), pemain bernomor punggung 10 ini akhirnya mencetak sejarah. Ia melakoni debutnya bersama dengan tim pemuncak klasemen Liga Polandia tersebut saat melawan Gornik Zabrze.

Masuk pada menit ke-82, Egy menggantikan Luka Haraslin. Ia bermain selama delapan menit pada pertandingan yang digelar di Stadion Energa tersebut. Meski hanya bermain singkat, namun Egy berhasil mempertahankan kemenangan besar timnya dengan skor 4-0.

Momen debutnya wonderkid Indonesia ini juga diunggah oleh Lechia lewat akun media sosialnya. Pada unggahan tersebut dituliskan ucapan selamat untuk Egy yang berhasil melakoni laga debut di tim utama.

egy debut © Instagram

foto: Instagram/@lechia_gdansk

"Bravo @egymaulanavikri! Debut di tim utama! 22.12.2018 vs @gornikzabrzessa! 82 minute!" tulis akun Lechia seperti brilio.net kutip pada Minggu (23/12).

Pemain 18 tahun ini juga mengabadikan momen debutnya tersebut ke postingan Instagram. Ia mengucap syukur kepada Tuhan juga teman-teman dan pelatih atas kemenangan dan kepercayaan untuk menurunkan dirinya di laga penting tersebut.

egy debut © Instagram

foto: Instagram/@egymaulanavikri

Lechia Gdansk merupakan klub yang berkompetisi di Ekstraklasa, divisi teratas Liga Polandia. Saat ini klub dengan warna kebesaran hijau-putih itu bertengger di puncak klasemen dengan mengantongi 42 poin. Unggul empat poin dari posisi kedua.

Besar kemungkinan Egy dapat merasakan gelar juara di musim perdananya tersebut. Akan sangat spesial jika ia bisa berkontribusi banyak di sisa pertandingan musim ini.