Brilio.net - Usai merengkuh gelar La Liga, Barcelona kembali menunjukkan superiornya kali ini di Liga Champions. Klub raksasa Spanyol ini baru saja menghajar wakil Inggris, Liverpool pada semifinal leg pertama. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Camp Nou, Kamis (2/5), Lionel Messi memborong dua gol. Sementara gol satu lagi dicetak oleh Luis Suarez.

Pada menit ke-82, Lionel Messi mencetak gol indah ke gawang Alisson Becker. Tendangannya bebas melengkung menghujam dengan kecepatan tinggi tanpa bisa dibendung. Gol ini tentu saja mengagetkan tim lawan. Penonton yang hadir pun terpana dengan gol pemain asal Argentina ini.

Gol yang dicetak Messi ini bukanlah gol yang biasa. Gestur tubuh, cara menendang hingga bola meluncur semuanya dilakukan dengan teknik yang luar biasa. Bahkan penjelasan ilmiah tentang tendangan dahsyat itu pun bakal bikin kamu tercengang.

Loading...

Dilansir brilio.net dari laman Marca, Kamis (2/5), kaki Messi saat melakukan tendangan bebas memiliki sudut 50 derajat. Dia menanam hampir seluruh sepatunya di tanah sebelum mengenai bola. Teknik ini memberikan stabilitas dan kontrol dalam menendang bola.

Kemudian untuk meningkatkan akurasinya, pemain bernomor punggung 10 ini melengkungkan bahu dan dada serta membungkukkan badannya ke posisi yang lebih kompak.

Departemen Fisika di Universitas Barcelona mengatakan, Messi menggunakan efek magnus untuk menemukan konsistensinya pada tendangan bebas. Efek ini adalah fenomena di mana rotasi bola menghasilkan gaya tegak lurus terhadap garis gerak.

Selain itu dijelaskan juga bahwa tekanan pada permukaan bawah bola lebih besar daripada tekanan di permukaan atas. Itu menghasilkan lintasan kurva pada bola itu sendiri. Messi disebut melakukan ini lebih baik dari siapapun. Konsistensi gaya setiap melakukan tendangan bebas pun mendapat banyak pujian.

penjelasan ilmiah kaki kiri messi © sportbible.com-foto: sportbible.com

Dengan penjelasan ilmiah yang begitu detail, tentu saja tendangan Messi saat leg 1 melawan Liverpool itu bukan tendangan biasa. Alisson yang sebenarnya sudah menebak arah bola pun terlihat tak bisa menghentikan bola itu untuk masuk ke gawang.

Dengan hasil yang diraih pada semifinal leg 1, Barcelona akan dimudahkan saat melawat ke Stadion Anfield. Akankah ada keajaiban di Inggris?