Brilio.net - Olimpiade Tokyo 2020 melahirkan banyak keseruan di tengah pertandingan para atlet. Mulai dari aksi para atlet saat berkompetisi hingga kisah menarik yang terjadi di baliknya.

Apalagi ajang olahraga dunia ini diadakan di tengah pandemi virus corona. Tentu ada banyak perubahan yang tampak jika dibandingkan dengan pertandingan lainnya. Baik dari pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, hingga kebijakan untuk meniadakan penonton.

Kondisi ini rupanya juga memberikan pengaruh kepada para atlet. Terbukti, dari beberapa perwakilan negara yang memutuskan untuk mengenakan masker selama pertandingan berlangsung. Di tengah adu fisik yang menguras tenaga, mereka tetap mempertahankan kekuatan dengan menggunakan masker.

Dilansir brilio.net dari L'EQUIPE, Kamis (5/8), beberapa atlet voli dari Brasil menjadi sorotan karena tetap mengenakan masker selama pertandingan berlangsung. Beberapa atlet tersebut adalah Lucas Saatkamp dan Maurice Borges dari tim putra serta Marcis Carneiro dari tim putri.

Potret mereka saat bertanding dengan mengenakan masker pun jadi perbincangan banyak orang. Bagi sebagian orang, hal ini dianggap tak mudah, saat bertanding secara fisik namun tetap mengenakan masker.

Alasan atlet Brasil mengenakan masker © Instagram

foto: Instagram/@lucao16volei

 

Meski begitu, rupanya atlet voli Brasil ini tak merasa demikian. Ada alasan tersendiri bagi mereka untuk tetap konsisten mengenakan masker. Rupanya, keinginan kuat untuk melindungi keluarga di rumah menjadi alasan kuat bagi mereka.

Bukan sekadar gaya-gayaan agar dianggap sebagai pahlawan, namun pertimbangan kesehatan orang terdekatnya itu menjadi hal utama bagi mereka. Terlebih lagi, salah satu di antara mereka memiliki anak yang masih berusia lima tahun dan memiliki masalah kesehatan di bagian pernapasan.

"Saya tidak ingin menjadi contoh yang tak baik saat menggunakan masker. Satu-satunya alasan utama saya adalah demi melindungi diri sendiri dan keluarga saya. Bukan untuk menjadi panutan," ujar Lucas Saatkamp.

Alasan atlet Brasil mengenakan masker © Instagram

foto: Instagram/@lucao16volei

 

Selain mengutamakan kesehatan sang putri, Saatkamp juga semakin mantap untuk mengenakan masker karena ia sudah sempat terinfeksi virus corona pada tahun lalu. Melihat penampilannya dengan masker, banyak orang yang mempertanyakan performanya saat bertanding. Namun Saatkamp menjelaskan bahwa masker yang dipakainya tersebut tidak mengganggunya sama sekali.

Sementara itu, teman satu timnya, Borges, mengatakan bahwa dirinya sudah terbiasa menggunakan masker saat bertanding. Sehingga hal itu pun juga tak jadi mengganggu performanya ketika berkompetisi. Saatkamp dan timnya pun juga membuktikan, mereka berhasil mencapai partai liga semifinal di Olimpiade Tokyo.