Brilio.net - Sejarah baru terukir di Olimpiade Tokyo 2020. Emma McKeon menjadi perenang wanita pertama yang berhasil meraih 7 medali dalam satu gelaran Olimpiade. Dari tujuh medali tersebut, McKeon meraih empat emas dan tiga perunggu.

Tentu saja ini mengejutkan dunia dan dianggap sebagai prestasi luar biasa dalam dunia olahraga renang. Atas prestasinya, perenang dari Australia ini layak disebut sebagai ratu Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir brilio.net dari foxsports.com.au, Kamis (5/8) empat medali emas yang diraih Emma McKeon di Tokyo 2020 itu adalah estafet 4x100 gaya bebas putri yang memecahkan rekor dunia, 4x100m gaya ganti putri yang membuat rekor baru Olimpiade, nomor sprint 50m gaya bebas putri, dan 100m gaya bebas putri yang juga berhasil memecahkan rekor Olimpiade.

Perenang Emma McKeon raih 7 medali di Olimpiade Tokyo Instagram


foto: Instagram/@emmamckeon

Sementara tiga medali perunggu diraih Emma McKeon dari 100m gaya kupu-kupu, estafet 4x100 gaya bebas, dan estafet 4x200 campuran yang merupakan nomor baru renang Olimpiade.

"Bagi saya, ini adalah kisah Olimpiade," kata atlet renang Australia, James Magnussen di podcast Tokyo Daily.

"Dia menjadi Olympian Australia paling sukses dalam sejarah ... empat rekor Olimpiade, empat medali emas, menyalip Ian Thorpe dan Leisel Jones untuk menjadi Olympian paling sukses dalam sejarah dan satu statistik lainnya ... Emma sekarang menjadi atlet wanita yang paling dihiasi deskripsi apa pun dari negara mana pun di satu pertandingan Olimpiade," sambungnya.

Hampir semua orang kagum pada kemampuan renang Emma McKeon. Sepanjang sejarah Olimpiade, belum ada perenang wanita yang membuat pencapaian seperti yang dilakukan Emma McKeon. Bahkan seorang perenang asal Amerika Serikat, Katie Ledecky yang disebut-sebut sebagai perenang wanita terbaik pada masanya, tidak mencapai keberhasilan sebenar yang dilakukan Emma McKeon hari ini.

Selain Emma McKeon, dari dari pagelaran Olimpiade Tokyo 1896 sampai Tokyo 2020 ada satu atlet putri yang mengumpulkan medali dari satu Olimpiade, sebanyak yang dikoleksi Emma McKeon, yakni pesenam Uni Soviet, Maria Gorokhovskaya yang berhasil merebut lima medali perak dan dua medali emas.

Perenang Emma McKeon raih 7 medali di Olimpiade Tokyo Instagram


foto: Instagram/@emmamckeon

"Memecahkan rekor Olimpiade di setiap acara medali emasnya adalah hal yang gila," kata James Magnussen.

"Pemikiran tentang Emma adalah, dia berusia 27 tahun namun dia baru saja mencapai puncaknya sekarang, yang cukup terlambat untuk perenang wanita. Dia pasti akan lanjut ke Olimpiade lain dan saya percaya itu kan terjadi, bayangkan rekor yang akan diraihnya saat itu," sambungnya.

Perenang Emma McKeon raih 7 medali di Olimpiade Tokyo Instagram


foto: Instagram/@emmamckeon

"Dia mungkin menjadi perenang paling berprestasi dalam sejarah, mengejar seseorang seperti Phelps (Perenang asal Amerika, Michael Phelps). Ini gila dan Emma berhak mendapatkan," pungkas perenang asal Australia itu.