Brilio.net - Predikat sebagai petarung kontroversial sepertinya layak untuk disematkan pada Conor McGregor, atlet UFC asal Irlandia. Pasalnya, tak hanya jago mengalahkan lawan ketika di ring, petarung yang memenangkan 21 dari 25 pertandingan MMA ini juga pandai membuat 'tensi' lawannya naik.

Jauh sebelum ia membuat keributan dengan Khabib Nurmagomedov, ayah satu anak ini rupanya sudah sering memancing keributan dengan lawan-lawannya terdahulu. Nate Diaz dan Floyd Mayweather Jr adalah salah dua di antaranya.

Tak hanya kekerasan verbal, berupa ujaran rasisme dan hinaan-hinaan lain, aksi kontroversial dari McGregor juga berupa kekerasan fisik. Ia tak ragu untuk mengajak lawan-lawnnya berkelahi di luar ring UFC.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan aksi Conor McGregor yang paling kontroversial? Yuk, langsung simak rangkuman brilio.net berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (12/10).

1. Menghina ayah Khabib Nurmagomedov.

Loading...

McGregor sempat menyebut ayah Khabib sebagai pengecut melalui akun Instagramnya. "Saya bisa melihat Anda. Bersembunyi di balik rasa hormat palsu. Seperti anak kedua Anda. Pengecut yang gemetar," tulisnya.

Namun, kini ayah Khabib, Abdulmanap telah memaafkan McGregor atas hinaan tersebut. Lewat akun Instagramnya, ia menulis, "Assalamualaikum semuanya. Saya memaafkan Conor McGregor, (yang sudah terjadi) merupakan masa lalu. Penting untuk melihat semua yang telah terjadi dan menjadikannya pelajaran."

2. Menyodorkan minuman beralkohol kepada Khabib saat konferensi pers.

Pada konferensi pers yang digelar 20 September lalu, McGregor sempat menawarkan wiski kepada Khabib. Namun, tawaran tersebut ditolak oleh Khabib yang mana adalah seorang muslim.

3. Menghancurkan bus yang ditumpangi oleh Khabib dan timnya.

April 2018 lalu, McGregor bersama dengan beberapa rekannya mengepung bus yang ditumpangi oleh Khabib di New York, Amerika Serikat. Mereka bahkan menyerang dan menghancurkan bus tersebut. Sejumlah orang pun terluka.

4. Melontarkan ujaran bersifat rasis.

aksi kontroversial mcgregor © 2018 brilio.net-foto: bola.com

Tak hanya kepada Khabib, ujaran bersifat rasis juga ia lontarkan pada lawannya yang lain, Floyd Mayweather Jr. Dalam jumpa pers di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 2017 silam ia sempat berkata, "Ini persembahan saya untuk fans perempuan kulit hitam yang cantik."

Perkataannya tersebut jelas menyinggung Mayweather yang mana memang merupakan keturunan kulit hitam.

5. Mengenakan jas dengan pola tulisan yang merendahkan lawan.

aksi kontroversial mcgregor © 2018 brilio.net-foto: bola.com

Dalam sebuah konferensi pers jelang pertandingan melawan Floyd Mayweather Jr tahun 2017 silam, petarung asal Irlandia itu mengenakan jas bermotif garis putih tipis yang membentuk pola tulisan yang merendahkan sang lawan, Mayweather.

6. Aksi saling sindir yang berujung lempar botol.

aksi kontroversial mcgregor © 2018 brilio.net-foto: bola.com

Sebelum menjalin rivalitas dengan Khabib, McGregor sudah memiliki musuh abadi, yakni Nate Diaz. Mereka kerap saling sindir. Puncak aksi saling sindir itu terjadi jelang duel UFC 202 pada 2016.

Kala itu, Diaz yang sudah tak mampu menahan emosi akhirnya melempar botol kepada McGregor. Tak terima dengan sikap Diaz, McGregor pun melakukan serangan balik. Mereka bahkan nyaris berkelahi di luar arena, untungnya panitia bisa memisahkan keduanya.

7. Hampir melempar kursi ke lawan.

aksi kontroversial mcgregor © 2018 brilio.net-foto: bola.com

Tak terima dengan sindiran dari Eddie Alvarez atas keterlambatannya menghadiri sesi konferensi pers, McGregor pun mengambil sebuah kursi untuk dilemparkan kepada lawannya tersebut. Beruntungnya, aksi tersebut berhasil digagalkan oleh petugas keamanan.

8. Memegang kepala Floyd Mayweather.

Conor McGregor memegang kepala Floyd Mayweather Jr saat acara promosi laga keduanya di Wembley Arena, London, Inggris, pada tahun 2017 silam.