Brilio.net - Keberadaan sebuah stadion memiliki arti yang cukup penting. Ia tak sekadar menjadi markas dari sebuah klub saja. Lebih dari itu, stadion juga menjadi lambang dari kebanggaan dan gengsi.

Oleh karenanya, tak heran jika klub-klub sepak bola yang ada kemudian seolah bersaing membuat 'kandang' terkeren. Tidak hanya berusaha membangun stadion yang memenuhi standar FIFA, mereka juga berusaha menjadikan stadion yang dibangunnya menjadi yang terbesar, termodern, tercanggih, dan tercantik.

Berkaitan dengan hal tersebut, lalu stadion mana saja yang memiliki kapasitas terbesar di dunia ini ya? Kira-kira berapa puluh ribu jiwa yang bisa ditampung oleh stadion tersebut? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 7 stadion terbesar yang dimaksud, Rabu (22/4). 

1. Rungrado 1st of May Stadium (Korea Utara).

Stadion kapasitas besar di dunia berbagai sumber

Loading...

foto: visitthedprk.org

Percaya atau tidak, stadion dengan kapasitas terbesar di dunia ternyata ada di Korea Utara. Stadion yang punya nama lain May Day Stadium ini dapat menampung 114 ribu orang.

2. Melbourne Cricket Ground (Australia).

Stadion yang terletak di Melbourne, Autralia ini memiliki kapasitas sebesar 100.024 orang. Stadion tersebut sering dipakai untuk bertanding oleh Timnas Australia.

3. Camp Nou (Spanyol).

Stadion kapasitas besar di dunia berbagai sumber

foto: bola.com

Stadion yang berdiri di Barcelona sejak tahun 1957 ini dapat menampung 99.354 orang.

4. Soccer City (Afrika Selatan).

Stadion yang memiliki nama baru FNB Stadium ini berlokasikan di Johannesburg, Afrika Selatan. Ia menjadi salah satu stadion yang berkapasitas besar karena mampu menampung 94.736 penonton.

5. Rose Bowl Stadium (Amerika Serikat).

Stadion kapasitas besar di dunia berbagai sumber

foto: id-id.soccerwiki.org

Sementara itu, urutan kelima ditempati oleh Rose Bowl Stadium. Stadion yang terletak di Pasadena, California ini dapat menampung 90.888 penonton.

6. Wembley Stadium (Inggris).

Stadion kapasitas besar di dunia berbagai sumber

foto: wembleystadium.com

Tak berbeda jauh dari Rose Bowl Stadium, stadion yang terletak di London ini juga dapat menampung 90 ribu penonton.

7. Estadio Azteca (Meksiko).

Stadion yang terletak di Meksiko City memiliki kapasitas 87.523 jiwa. Kendati demikian pada Juli 1968, saat kesebelasan Meksiko bertanding melawan brasil, stadion ini pernah dijejali oleh 119.853 penonton.