Brilio.net - Situasi Hong Kong dikabarkan kembali memanas menyusul unjuk rasa yang dilakukan ribuan orang. Mereka menuntut pencabutan Undang-undang Ekstradisi yang dianggap kontroversial. Aksi demonstrasi pun terus berlanjut semenjak dua bulan terakhir. Bentrokan para demonstran dan aparat pun tak bisa terhindarkan.

Sebanyak lima ribu demonstran dilaporkan menduduki Bandara Internasional Hong Kong pada Senin (12/8). Operasional bandara tersebut pun sempat lumpuh total. Semua jadwal keberangkatan maskapai dari bandara tersebut dibatalkan.

Ribuan calon penumpang yang hendak meninggalkan Hong Kong pun kena imbasnya, mereka terjebak di dalam bandara selama seharian penuh. Di antara banyaknya calon penumpang yang terjebak tersebut, ada sebanyak 47 atlet renang asal Indonesia yang ikut tertahan.

Dilansir brilio.net dari bola.com, Selasa (13/8), mereka terdiri dari Tim PON DKI Jakarta, PPLM dan juga perenang Bali. Salah satu di antaranya, yakni perenang nasional I Gede Siman Sudartawa. Mereka baru saja berlaga pada kejuaraan Hong Kong Terbuka.

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBPRSI), P. Turmudzi, para atlet tersebut telah tertahan sejak Senin. Seharusnya, mereka sudah meninggalkan Hong Kong pada pukul 19.00 WIB. Akibat kejadian itu, mereka terpaksa harus bermalam di Bandara.

Loading...

"Kemarin itu, jam tiga sore, para pendemo sampai masuk bandara. Alhasil, kami pun batal terbang," kata Turmudzi dikutip dari bola.com

Menurut kabar terakhir, mereka akhirnya dapat dipulangkan pada Selasa (13/8) sore waktu setempat yang terbagi dalam dua gelombang penerbangan menyusul dioperasionalkannya kembali bandara.

Dihimpun brilio.net dari akun Instagram @pbprsi, Selasa (13/8), berikut 7 momen atlet renang Indonesia terjebak di Bandara Hong Kong akibat demo.

1. Para atlet renang Indonesia yang terjebak di Bandara Hong Kong saat terjadi demo. Seluruh penerbangan dibatalkan.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

2. Selama seharian, mereka terjebak di area bandara.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

3. Para atlet renang Indonesia di tengah para pendemo yang menduduki Bandara Internasional Hong Kong.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

4. Dari potret yang diunggah, tampak kecemasan para atlet karena tidak jadi pulang ke Indonesia.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

5. Di tengah suasana cukup mencemaskan tersebut, mereka tetap berusaha untuk tetap tenang.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

6. Sembari menanti kejelasan penerbangan, para atlet menghabiskan waktu di sudut-sudut bandara.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net

7. Mereka berbaur dengan para penumpang lain yang juga ikut kena imbas dibatalkannya seluruh penerbangan.

atlet indonesia terjebak © 2019 brilio.net