Brilio.net - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Banyak hal-hal menarik yang dapat dilihat melalui olahraga ini, mulai dari segi teknis permainan, performa para pemainnya, hingga hal-hal bersifat non teknis, seperti penampilan.

Dari segi penampilan, ternyata tidak hanya pemain di lapangan yang menjadi sorotan para penonton. Melainkan penampilan pelatih di pinggir lapangan juga tidak jarang mencuri perhatian dengan gaya penampilannya yang unik.

Di luar negeri, penyelenggara pertandingan mengatur secara khusus cara berpenampilan seorang pelatih ketika timnya bertanding. Tak heran apabila banyak pelatih klub sepak bola di luar negeri selalu tampil rapi berbalut jas di hari pertandingan.

Lalu bagaimana di Indonesia? Pelatih klub sepak bola di Indonesia ternyata memiliki gaya berpenampilan khas ketika mendampingi pemainnya bertanding. Ada yang memilih untuk tampil rapi, ada juga yang memilih untuk tampil simpel nan sederhana.

Biar kamu nggak ketinggalan info, brilio.net merangkum 5 gaya pelatih klub sepak bola di Indonesia pada Senin (15/4) sebagai berikut.

Loading...

1. Tampil sederhana dengan kaus.

gaya pelatih indonesia © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Pelatih klub sepak bola Indonesia sering memilih tampil sederhana ketika di stadion. Salah satunya dengan mengenakan kaus saja. Bahkan, Simon Mc Menemy ketika melatih klub Bhayangkara FC kadang hanya mengenakan kaus dan celana pendek ketika timnya bertanding.

Pelatih lokal lain yang biasa tampil mengenakan kaus saja antara lain pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev, pelatih Barito Putera Jacksen F. Tiago, hingga mantan pelatih Persib Bandung Mario Gomez.

2. Rapi dengan jas.

gaya pelatih indonesia © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Meski dianggap tidak cocok dengan iklim cuaca di Indonesia yang panas, ada pelatih klub sepak bola di Indonesia yang memilih untuk tampil rapi dengan setelan jas saat mendampingi pemainnya bertanding.

Salah satunya adalah Fahmi Fikroni. Namanya mungkin belum terlalu dikenal publik. Ia adalah manajaer sekaligus pelatih klub Persatu Tuban. Roni, sapaan akrabnya, memilih tampil dengan jas layaknya manajer-manajer di luar negeri ketika timnya berlaga.

Menurutnya, gaya penampilannya tersebut dipilih untuk menunjukkan profesionalisme dalam pertandingan. Selain Fahmi, pelatih lain yang tampil modis dengan jas adalah mantan pelatih Borneo FC Ricky Nelson.

3. Aksessoris unik.

gaya pelatih indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@persibatinfo_1974

Beberapa pelatih klub sepak bola di Indonesia tampil dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing. Salah satunya dengan memakai aksesoris pakaian secara khusus.

Misalnya, Daniel Rukito, mantan pelatih Persibat Batang ini terkenal dengan penampilannya mengenakan topi bulat seperti koboi. Selain Daniel Rukito, pelatih lain yang tampil dengan aksesoris menarik lainnya adalah Iwan Setiawan. Mantan pelatih Borneo FC ini selalu tampil dengan mengenakan baju koko dipadukan peci untuk menutup kepala.

4. Berkemeja.

gaya pelatih indonesia © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Gaya berpenampilan paling banyak pelatih klub sepak bola Indonesia ialah dengan mengenakan kemeja. Beberapa memilih kemeja lengan panjang yang digulung seperti pelatih Arema FC, Milomir Seslija dan pelatih Madura United, Dejan Antonic.

Ada juga yang lebih suka dengan kemeja lengan pendek dengan gaya baju masuk celana seperti mantan pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro.

5. Jaket atau sweater.

gaya pelatih indonesia © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Gaya berpenampilan lain yang biasa dikenakan oleh pelatih klub sepak bola Indonesia adalah dengan mengenakan pakaian hangat seperti jaket dan sweater. Pelatih yang terkenal sering tampil dengan gaya tersebut adalah pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Sementara itu, gaya pelatih dengan mengenakan sweater kerap terlihat dari mantan pelatih Semen Padang, Nil Maizar.