×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tokoh ini digadang-gadang jadi ketua umum PSSI

View Image

0

BRILIO » Olahraga

7 Tokoh ini digadang-gadang jadi ketua umum PSSI

PSSI diagendakan akan mengadakan KLB pertengahan tahun 2019, salah satu agenda utamanya ialah memilih ketua umum.

15 / 04 / 2019 17:01

Brilio.net - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah mempersiapkan Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan diselenggarakan pada Agustus 2019 mendatang. Salah satu agenda utamanya ialah memilih ketua umum yang baru.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI sebelumnya, Edy Rahmayadi mengundurkan diri pada bulan Januari 2019 lalu. Joko Driyono, yang ditunjuk untuk menggantikan Edy justru tersandung kasus hukum. Tugas dan kewenangan PSSI untuk sementara diberikan kepada Gusti Randa sebagai pelaksana harian Ketua Umum PSSI.

Banyaknya permasalahan yang menimpa dunia sepak bola Indonesia membuat publik menaruh perhatian yang besar terhadap pemilihan Ketua Umum PSSI. Banyak kalangan yang berharap ketua umum baru PSSI nantinya dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk PSSI.

Jelang pemilihan ketua umum baru, beberapa tokoh mulai digadang-gadang menjadi ketua umum yang baru. Beberapa di antaranya bahkan telah menyatakan kesiapannya. Latar belakang mereka bermacam-macam, mulai dari pengusaha, anggota kepolisian, hingga mantan pejabat.

Siapa saja? Berikut brilio.net rangkum 7 tokoh yang digadang-gadang menjadi Ketua Umum PSSI pada Senin (15/4).

Loading...

1. Erick Thohir.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@erickthohir

Pengusaha terkenal Erick Thohir merupakan salah satu tokoh yang digadang-gadang dapat bersaing menjadi salah satu calon Ketua Umum PSSI. Sepak terjang Erick Thohir di dunia olahraga tidak diragukan. Ia adalah pemilik beberapa klub besar olahraga seperti Philadelphia 76ers (NBA), DC United (Amerika), hingga Persib Bandung. Selain itu, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 membuat namanya semakin dikenal.

Dengan rekam jejak dan pengalamannya di bidang bisnis dan olahraga moderen yang sukses, ia dianggap layak dan pantas untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Dukungan dari warganet untuk Erick Thohir pun sempat ramai dibicarakan di media sosial.

2. Fadel Muhammad.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@fadelmuhammadofficial

Fadel Muhammad adalah mantan Gubernur Gorontalo. Ia dikabarkan telah menyatakan ketertarikannya untuk maju sebagai calon Ketua Umum PSSI dalam KLB mendatang.

Ia pun mendapatkan dukungan dari banyak pihak, salah satunya dari para mantan pemain sepak bola seperti Firman Utina, Leo Saputra hingga Francis Wawengkang. Sosok Fadel Muhammad yang memiliki pengalaman sebagai gubernur dianggap dapat memberikan perubahan bagi PSSI dengan menggerakkan sistem yang terencana dan berkesinambungan.

3. Hary Tanoesoedibjo.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Pengusaha Hary Tanoesoedibjo digadang-gadang menjadi Ketua Umum PSSI berkat kesuksesannya sebagai Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia. Banyak kalangan yang menilai figur Hary Tanoe cocok untuk mengatasi berbagai persoalan di sepak bola Indonesia.

Menanggapi dukungan yang mengalir kepadanya, ia tidak menolak maupun menyatakan ketertarikannya. Ia menyampaikan apabila ada yang benar-benar mendukungnya maju sebagai calon Ketua Umum PSSI, maka hal itu akan ia pertimbangkan.

4. Ahok.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@basukiBTP

Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat mencuat sebagai calon Ketua Umum PSSI. Bahkan, tagar #AhokForPSSI sempat ramai dibicarakan setelah mundurnya Edy Rahmayadi dari Ketua Umum PSSI.

Hal itu memancing tanggapan beragam dari banyak kalangan. Ada yang setuju, ada pula yang lebih memilih Ahok untuk menduduki posisi lain.

Belakangan Ahok menanggapi isu pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum PSSI. Ia justru menjagokan Erick Tohir untuk bersaing dalam pemilihan.

Sosoknya yang tegas dan tanpa kompromi disebut-sebut sangat dibutuhkan untuk merombak PSSI menjadi lebih baik.

5. Cak Imin.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@cakiminNOW

Cak Imin atau Muhaimin Iskandar lebih dikenal sebagai politisi. Dengan terang-terangan ia menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Ketua Umum PSSI pada akhir Januari lalu. Ia mengaku ingin membereskan permasalahan di PSSI dan membuat sepak bola Indonesia bersaing di tingkat dunia. Cak Imin mengklaim banyak rekannya yang mendukung langkahnya tersebut.

Meski demikian, hal tersebut ternyata memancing pro dan kontra. Walaupun ada yang mendukungnya, tidak sedikit yang meragukan Cak Imin untuk memimpin PSSI. Meski tak berlatarbelakang olahraga, Cak Imin pernah menggagas Liga Pekerja saat masih menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Tranmigrasi. Selain itu, ia juga pernah dinobatkan sebagai keluarga kehormatan Arema FC.

6. Iwan Bule.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Nama Iwan Bule atau Mochamad Iriawan belakangan muncul sebagai calon kuat Ketua Umum PSSI yang baru. Bahkan, sejumlah klub seperti Persib Bandung telah menyatakan dukungannya kepada Iwan Bule.

Lantas siapa sebenarnya sosok Iwan Bule? Ia merupakan anggota kepolisian berpangkat Komjen Pol. Ia bukan sosok baru dalam dunia sepak bola di Indonesia. Sejak 2009, Iwan Bule merupakan dewan penasihat klub Persib bandung dan juga pernah menjadi anggota PSSI Jawa Barat.

7. Krishna Murti.

ketua umum pssi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@krishnamurti_bd9

Nama Krishna Murti yang kini menjabat sebagai Wakil Satgas Anti Mafia Bola muncul sebagai salah satu bakal calon Ketua Umum PSSI. Namanya diusulkan oleh salah satu anggota Exco PSSI. Ia dikenal sebagai perwira tinggi polisi yang memiliki gagasan besar untuk sepak bola Indonesia.

Namanya banyak dibicarakan warganet setelah ia menjadi salah satu anggota Satgas Anti Mafia Bola. Sepak terjangnya mengungkap kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia membuat tidak sedikit warganet yang mendukung pencalonan Krishna Murti sebagai calon Ketua Umum PSSI.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more