×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Calon stadion megah di Indonesia, punya fasilitas oke

View Image

0

BRILIO » Olahraga

5 Calon stadion megah di Indonesia, punya fasilitas oke

Stadion telah disesuaikan dengan standar internasional.

(brl/vin)

04 / 04 / 2019 11:31

Brilio.net - Bagi pecinta olahraga, sudah nggak asing lagi dengan infrastruktur stadion di Indonesia yang kurang layak. Padahal infrastruktur stadion sangat penting dalam menunjang kegiatan olahraga, terutama sepak bola. Masyarakat Indonesia menaruh perhatian khusus bagi olahraga tersebut. Nggak heran jika banyak orang ingin melihat secara langsung pertandingan sepak bola di stadion.

Keberadaan stadion di Indonesia sendiri terus mengalami kemajuan. Ada banyak stadion baru dibangun ataupun perbaikan dari stadion lama. Beberapa di antara stadion memiliki bangunan yang megah. Sementara banyak orang tak sabar menanti rampungnya pembangunan stadion baru.

Perlahan namun pasti, stadion-stadion dengan desain yang besar dan megah tengah dibangun di berbagai wilayah di Indonesia. Stadion baru mana saja yang memiliki bangunan megah? Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (4/4), berikut deretan stadion megah di Indonesia yang kini tengah dibangun.

1. Stadion Papua Bangkit

stadion baru © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@stadionpapuabangkit

Dari Indonesia bagian timur ada stadion baru bernama Stadion Papua Bangkit. Stadion tersebut dibangun dengan megah dan bertaraf internasional. Stadion Papua Bangkit ini berlokasi di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Stadion Papua Bangkit disiapkan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dengan kapasitas sebanyak 40 ribu penonton. Dibangun di atas lahan seluas 13 hektare, pembangunan telah dimulai sejak Desember 2016 lalu dan menghabiskan dana sekitar Rp 1,3 triliun.

Kini, stadion tersebut telah selesai dibangun meskipun masih membutuhkan beberapa penyelesaian akhir. Selain itu, beberapa fasilitas penunjang stadion juga disiapkan seperti lapangan latihan. Stadion ini diproyeksikan dapat menjadi alternatif stadion di Papua selain Stadion Mandala Jayapura.

2. Stadion Barombong

stadion baru © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@stadionbarombong

Bukan cuma di Papua, stadion baru juga dibangun di Makassar. Salah satu calon stadion megah di Makassar, yakni Stadion Barombong. Stadion Barombong telah dimulai pembangunan sejak 2011. Sebanyak 50 ribu tempat duduk disiapkan untuk menampung penonton di Stadion.

Saat ini, pembangunan tribun dengan atap melingkar dan area lapangan telah selesai dibangun. Stadion ini sudah digunakan untuk tempat bermain bola oleh masyarakat sekitar. Jika telah selesai, stadion ini digadang-gadang menjadi kandang baru bagi klub PSM Makassar.

3. Jakarta International Stadium

stadion baru © 2019 brilio.net

-foto: merdeka.com

Ibukota Jakarta memang telah memiliki stadion megah yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun, status SUGBK adalah milik aset pemerintah pusat, bukan pemerintah provinsi. Oleh sebab itu, pemerintah provinsi DKI Jakarta secara resmi telah memulai proyek stadion baru yang juga bertaraf internasional yang diberi nama Jakarta International Stadium (JIS).

Pembangunan JIS berlokasi di kawasan Taman BMW, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tidak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan untuk pembangunan JIS sangat besar, yakni Rp 5 triliun. Stadion ini akan menampung sebanyak 82 ribu penonton dan ditargetkan selesai pada 2021.

Salah satu keunggulan desain stadion ini adalah atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup. Desain stadion dengan atap seperti itu belum ada di Indonesia.

4. Stadion Manahan Solo

stadion baru © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@stadion.manahan.solo

Stadion Manahan di Kota Solo memang stadion yang telah dibuka sejak 1998 dengan kapasitas 25 ribu penonton. Sebagai stadion yang sering menggelar pertandingan nasional maupun internasional, Stadion Manahan beberapa kali direnovasi.

Stadion Manahan akan segera bersanding dengan stadion megah lainnya. Markas klub Persis Solo ini disebut-sebut akan menjadi Stadion GBK mini, setelah dilakukan renovasi besar-besaran yang telah dimulai pada 2018.

Tribun yang awalnya terbuka akan sepenuhnya menjadi tribun tertutup. Selain itu, tribun akan dilengkapi dengan fasilitas single seat. Motif batik kawung sebagai ciri khas Solo juga akan menjadi ciri khas tribun Stadion Manahan.

5. Stadion Jati Diri Semarang

stadion baru © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@stadionjatidirismg

Selain Stadion Manahan, stadion di Indonesia yang akan bertranformasi menjadi stadion megah yaitu Stadion Jati Diri yang berlokasi di Kota Semarang.

Proyek renovasi kawsan Stadion Jatidiri menelan biaya Rp 1,1 triliun. Renovasi stadion yang telah dimulai sejak 2017 hampir selesai dikerjakan. Renovasi tersebut berupa pembangunan tribun baru dengan kapasitas 45 ribu penonton, atap, dan lintasan atletik.

Selain stadion, fasilitas lain yang akan tersedia yaitu kolam renang indoor, gym center, hingga asrama. Tampilan eksterior pun tidak luput dari renovasi. Tampilan luar stadion didesain dengan ciri khas Jawa, yakni kanopi berbentuk gunungan wayang.

Reporter: Yusuf Harfi





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    67%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more