×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Stadion dikenal paling 'angker' bagi tim lawan

View Image

0

BRILIO » Olahraga

5 Stadion dikenal paling 'angker' bagi tim lawan

Dukungan suporter tuan rumah mampu mengintimidasi tim lawan.

(brl/pep)

03 / 04 / 2019 13:07

Brilio.net - Stadion merupakan tempat untuk bertanding sekaligus sebagai kandang sebuah klub sepak bola. Sebagai pendukung tim tuan rumah, para suporter tidak ingin tim yang didukungnya kalah di kandangnya sendiri. Maka dari itu, para pendukung tim tuan rumah berteriak dan bernyanyi untuk mendukung tim kesayangannya yang sedang bertanding.

Memang benar kata orang, suporter adalah pemain ke-12. Walaupun mereka hanya memberikan kontribusi secara tidak langsung, namun dengan dukungan yang mereka lakukan untuk mendukung tim yang mereka banggakan. Seringkali hal tersebut dapat mengintimidasi dan mempengaruhi mental pemain lawan walaupun tidak selalu berhasil. Dukungan-dukungan tersebut dapat berupa nyanyian, teriakan, maupun koreografi.

Bentuk dukungan dari pendukung tim kandang tidak hanya berpengaruh pada pemain tim tandang saja, namun juga dapat mempengaruhi pendukung dari tim yang sedang bertandang. Sebagai pendukung tim tandang, dengan mengunjungi stadion-stadion ini dapat membuat mereka bergidik dan merasakan suasana yang mendebarkan.

Berikut lima stadion paling 'angker' bagi tim lawan yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/4). Siap-siap merinding saat kamu mengunjungi stadion-stadion ini ya!

1. Turk Telekom Arena, Turki.

Loading...

stadion angker istimewa

foto: ntvspor.net

Sebagai stadion kandang milik Galatasaray, Turk telekom Arena menduduki nomor 1 di list stadion paling 'angker' kali ini. Pendukung Galatasaray seringkali menggunakan semboyan "Selamat Datang di Neraka" bagi tim lawan. Turk Telekom Arena dan pendukung Galatasaray juga sudah memecahkan rekor dunia versi Guiness Book of World Record sebagai stadion terbising di dunia pada 2011. Suara pendukung Galatasaray di stadion ini mencapai 131,76 desibel atau lebih besar dari suara petir!

2. Westfalenstadion/Signal Iduna Park, Jerman.

stadion angker istimewa

foto: espnfc.us

Stadion selanjutnya adalah stadion milik Borussia Dortmund. Stadion ini dihadiri oleh pendukung Dortmund rata-rata 80.000 orang setiap pertandingannya. Atap tribun stadion ini didesain agar dapat memantulkan suara dari nyanyian para pendukung Borussia Dortmund sehingga membuat suaranya menjadi sangat keras.

3. La Bombonera, Argentina.

stadion angker istimewa

foto: Instagram @drones.arg

La Bombonera merupakan stadion milik tim alma mater Diego Maradona, yaitu Boca Juniors. Fans dari Boca Juniors menyebut diri mereka sebagai La Doce (orang ke-12). Pendukung Boca Juniors ini membuat La Bombonera menjadi stadion yang angker bagi tim lawan karena mereka terkenal mendukung timnya selama 90 menit penuh dengan bernyanyi dan melompat bersama. Status La Bombonera sebagai stadion yang mengintimidasi sudah sangat terkenal di Amerika Latin.

4. Mestalla, Spanyol.

stadion angker istimewa

foto: dailymail.co.uk

Stadion selanjutnya adalah stadion milik klub spanyol, Valencia FC. Lupakan Camp Nou milik Barcelona FC dan Santiago Bernabeu milik Real Madrid, stadion kandang Valencia FC ini sudah terkenal dengan atmosfernya di La Liga. Tribun utama milik Mestalla yang sangat curam ini membuat suara dari dukungan suporter Valencia FC seakan berdiri tepat di atas pemain lawan dan hal tersebut dapat sangat mengintimidasi.

5. Celtic Park, Skotlandia.

stadion angker istimewa

foto: dailyrecord.co.uk

Berlokasi di Glasgow, Skotlandia, Celtic Park merupakan stadion 'angker' terakhir. Stadion milik juara bertahan Liga Primer Skotlandia, Celtic FC ini berkapasitas lebih dari 60.000 kursi. sehingga hal tersebut membuat stadion ini menjadi stadion paling besar di Skotlandia. Legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker mengatakan mengenai Celtic Park bahwa "Atmosfernya sangat mengintimidasi dan mengganggu". Bahkan bintang Barcelona, Lionel Messi juga mengatakan bahwa Celtic Park adalah stadion dengan atmosfer terbaik dibandingkan stadion manapun di Eropa saat pada tahun 2012 Celtic FC berhasil mengalahkan Barcelona di Celtic Park.

(mgg/aldorino mahendra)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more