Brilio.net - Jepang menjadi satu-satunya harapan Asia di Piala Dunia 2018. Di pertandingan terakhir grup H menjamu Polandia di Volgograd Arena, Kamis (28/6), Jepang memastikan tempat di babak 16 besar meski takluk 0-1.

Sebenarnya, tim berjuluk Samurai Biru ini hanya membutuhkan satu poin untuk menyegel tempat di babak 16. Artinya, Jepang hanya butuh hasil imbang saat melawan Polandia. Namun gol dari Jan Bednarek di menit ke-59 membuat Jepang ketar-ketir. Mereka harus bergantung dengan hasil antara Senegal vs Kolombia. Beruntung Senegal juga kalah pada pertandingan tersebut.

Ada beberapa fakta menarik terkait lolosnya Jepang ke babak 16 besar ini. Lolosnya Jepang membuat sejarah baru dalam dunia sepak bola. Ada peraturan anyar yang baru diterapkan FIFA pada Piala Dunia 2018 kali ini yang membuat Jepang lebih berhak lolos daripada Senegal.

Nah, berikut ini deretan fakta menarik lolosnya Jepang secara dramatis ke babak 16 besar Piala Dunia seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (29/6).

1. Satu-satunya wakil Asia di babak 16 besar.

Loading...

fakta menarik lolosnya jepang © berbagai sumber

foto: Instagram/@ksk_honda_2_4

Dari lima wakil Asia yang lolos ke Piala Dunia, Jepang menjadi satu-satunya negara yang berhasil meloloskan diri dari babak grup. Sementara Iran, Arab Saudi, Australia dan Korea Selatan gagal total.

2. Kalah di partai akhir grup H namun tetap berhak lolos.

fakta menarik lolosnya jepang © berbagai sumber

foto: Instagram/@247deportes

Meski kalah dari Polandia di partai akhir, tim Samurai Biru tetap berhak lolos. Sempat ketar-ketir dengan hasil pertandingan Senegal kontra Kolombia, namun akhirnya Senegal yang menjadi saingan Jepang untuk lolos ke babak 16 juga kalah dari lawannya.

3. Sejarah baru, Jepang lolos berkat peraturan fair play.

fakta menarik lolosnya jepang © berbagai sumber

foto: Twitter/@Ramon20Lopes

Sejarah baru tercipta di Piala Dunia 2018. Dengan hasil kekalahan Jepang dan Senegal di partai akhir, membuat poin mereka di klasemen sama yaitu 4 poin. Tak hanya itu, perbedaan gol dan head to head mereka pun sama. Untuk menentukan siapa yang berhak lolos, maka peraturan yang baru diterapkan FIFA di Piala Dunia 2018 harus dipakai, yaitu fair play.

Jepang yang memiliki jumlah kartu kuning dan merah lebih sedikit ketimbang Senegal membuat tim asuhan Akira Nishino ini diputuskan lebih fair play. Untuk itu Jepang yang lebih berhak lolos berkat peraturan fair play tersebut.

4. Lolosnya Jepang membuat tidak ada wakil Afrika di 16 besar.

fakta menarik lolosnya jepang © berbagai sumber

foto: Twitter/@Ramon20Lopes

Jepang tak hanya mencetak sejarah dengan metode fair play dan menjadi satu-satunya wakil Asia yang lolos grup di Piala Dunia 2018. Kemenangan Jepang ini membuat tidak ada wakil Afrika di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Senegal yang digadang-gadang bakal bersinar dan menjadi satu-satunya wakil Afrika yang memiliki peluang lolos besar namun malah harus dijegal wakil Asia ini.