Brilio.net - Menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19, memerlukan kebugaran tubuh yang prima. Karena itu kamu harus cermat mengatur asupan gizi agar tetap seimbang, serta melakukan aktivitas fisik yang terukur dan efektif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tujuannya, setelah Ramadan berlalu tidak hanya jiwa kamu saja yang bersih, tetapi tubuh juga lebih bugar dan imunitas meningkat setelah terbiasa berolahraga.

Agnes Julianto, Founder & Owner sekaligus Trainer One Fit Garage pun memberikan beberapa tips terkait waktu dan olahraga yang tepat di bulan puasa.

“Latihan disesuaikan dengan bio ritme tubuh saat puasa. Idealnya saat yang tepat untuk berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum buka dan setelah buka,” ujar Agnes, yang berpengalaman di bidang olahraga selama 12 tahun.

Nah seperti apa tips dari wanita yang memiliki sertifikasi trainer internasional dari Les Mills (akademi kebugaran berjaringan global dan berpusat di Auckland, Selandia Baru) dan International E-RYT500 dan YACEP (Yoga Alliance Continuing Education Provider) Rishikesh, India ini? Simak ya.

Loading...

1. Lakukan stretching (peregangan) selama 10-15 menit

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Wanita yang kerap disapa Agie ini menjelaskan latihan dengan intensitas ringan seperti melakukan stretching (peregangan) selama 10-15 menit sangat pas dilakukan beberapa saat sebelum sahur. Cara ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, sendi dan akan mempersiapkan metabolisme badan untuk aktivitas yang intens di siang harinya.

2. Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Masuk waktu sebelum berbuka, Agnes menyarankan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti jogging pendek, yoga atau pilates dan latihan body weight ringan. Untuk periode malam hari atau setelah berbuka, disarankan jenis latihan dengan intensitas sedang hingga berat, seperti senam cardio, angkat beban, kickboxing, muaythai atau sepeda statis. 

3. Animal flow

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Khusus di One Fit Garage, Agnes menawarkan kelas animal flow yang cocok dilakukan masyarakat berbagai usia. Dengan melakukan gerakan yang meniru hewan-hewan seperti kera (ape), kepiting (crab), scorpion, dan lainnya dapat meningkatkan fleksibilitas persendian dan daya tahan tubuh selama di bulan Ramadan.

“Gerakan ini melatih semua badan kita dengan menggunakan berat badan sendiri. Kita buat fun dan challenging untuk semua orang. Sesuai slogan One Fit Garage, Freedom of Movement.  Let’s get moving!” tambah Agnes.

Dari iseng-iseng di garasi, eh malah jadi bisnis

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Sesuai namanya, One Fit Garage memang dimulai dari sebatas iseng-iseng di garasi rumah di tahun 2020. Jika sebelumnya peserta hanya kerabat dekat, karena tingginya peminat, One Fit Garage sejak Maret 2021 pindah ke ruko North Goldfinch No.18 di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Di lokasi baru ini jumlah peserta maksimal hingga 8 orang per kelas (offline), dan dengan fee Rp 50.000 untuk 1 sesi (online) hingga banyak paket untuk kelas-kelas dari intensitas ringan– berat. One Fit Garage juga menyediakan kelas untuk anak-anak usia 5 hingga 12 tahun, yaitu “Yoga for Kids” dan “Make Your Move”.

Selain itu, juga ada paket Your Personal Trainer, paket Your Personal Nutritionist dan kelas Private Zumba, Yoga dan bisa juga sewa studio di One Fit Garage. Kelas-kelas private ini cocok buat kalian yang ingin berolahraga bersama dengan keluarga atau kerabat dekat.

"Selama bulan puasa kelas online kita adakan setiap jam 17.00 menjelang buka puasa, jadi pas juga buat ngabuburit tapi tetap fit,” terang Agnes.

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Menu latihan di kelas One Fit Garage mayoritas mengandalkan berat tubuh sendiri (bodyweight exercise), sedangkan alat-alat yang digunakan sangat sederhana seperti plates, TRX, Jump Box, dan Ropes.

“One Fit Garage itu kelas-kelasnya konsepnya seperti semi-private, jadi semua member mendapatkan perhatian yang sama, mendapatkan workout yang maksimal,” lanjut Agnes.

Saat ini One Fit Garage berevolusi menjadi dua studio, yaitu One Fit Garage Playground. Kategori ini meliputi latihan seperti toning muscle, meningkatkan stamina yang berfokus pada berat badan sendiri.

Terinspirasi Ninja Warrior, latihan ini meningkatkan daya tahan dan kekuatan dengan jenis gerakan yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan secara berkelompok dengan teman atau keluarga. Kelas-kelas yang ada pada studio ini yaitu: One Cardio, One Strength, Agility Drill, TRX Body Blast, TRX Core and Flexibility.

3 Tips tetap fit dan aktif saat puasa © 2021 brilio.net

Lalu ada juga One Fit Garage Zen. Kategori ini cocok buat kamu para yogis, olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, mobilitas, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Kelas-kelas yang ada pada studio ini yaitu, Ashtanga Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Yin Yoga, Yoga for Cyclist, dan Animal Flow.

Agar tetap aman, One Fit ketat menerapkan protokol kesehatan. Antara lain dengan menerapkan sistem aplikasi booking untuk kelas, serta melakukan cek suhu dan menyediakan hand sanitizer dan shoe cover. Pencegahan virus juga dilakukan dengan sterilisasi ruangan dan peralatan sebelum dan sesudah kelas dengan UV light dan disinfectant.

One Fit Garage dengan konsep semi outdoor dan juga berfokus pada body weight training, namun tetap simpel, efektif, untuk semua fitness level, segala umur dan juga fun merupakan yang pertama di Indonesia.