Brilio.net - Gimana ya rasanya menjadi pebasket NBA? Nah pengalaman inilah yang bakal dirasakan 15 pelajar Indonesia setelah terpilih menjadi Jr NBA All-Star 2016. Pengumuman lolosnya ke-15 pemain ini dilakukan di Atrium Pluit Village Mall, Minggu (28/8) setelah mereka melakukan pertandingan di depan pengunjung mal.

Nggak gampang lho mereka bisa terpilih. Sebab, mereka harus menjalani serangkaian seleksi yang diikuti lebih dari 2.000 siswa berusia 10-14 tahun dalam Selection Camp Jr. NBA Indonesia 2016 persembahan Frisian Flag yang diselenggarakan selama dua hari (20-21 Agustus) di Cilandak. Para peserta diharuskan mengikuti tes dasar bermain bola basket seperti shooting, lay-up, dribble hingga passing.

Selection Camp ini menyeleksi 40 anak laki-laki dan 24 anak perempuan usia 10-14 tahun untuk mengikuti National Training Camp yang digelar di Cilandak Sports Center, Jakarta Selatan dan Mall Pluit Village, Jakarta Utara sejak 26-28 Agustus 2016. Ke-64 peserta yang lolos tahap Selection Camp kemudian mengikuti National Training Camp dan mendapat kesempatan emas dilatih bintang NBA dari klub Charlotte Hornets, Marvin Williams. Keren kan.

Jr NBA © 2016 brilio.net

Para peserta mendapat pelatihan dari Marvel Williams. ©brilio.net/Yani Andryansyah.

Loading...

Williams mengaku sangat bangga bisa melatih kontestan National Training Camp Jr NBA Indonesia. Baginya, bisa berkunjung ke Indonesia merupakan sebuah pengalaman berharga yang tak mungkin dilupakan. Ia juga berpesan kepada kontestan yang belum terpilih ke skuat Jr NBA All-Star untuk terus berlatih dan tidak berputus asa. Sebab, pada dasarnya, pemain-pemain yang sudah berada di National Training Camp memiliki kualitas mumpuni.

“Saya melihat antusias anak-anak Indonesia begitu besar terhadap bola basket. Saya yakin anak-anak ini punya kesempatan besar,” kata Williams seraya memberikan selamat kepada 15 Jr NBA All-Star.

Tim pelatih Frisian Flag Jr NBA Indonesia 2016 yang dikepalai Chris Sumner akhirnya memilih 10 pebasket putra dan lima pebasket putri untuk masuk ke skuat Jr NBA All-Star 2016. Ke-15 anak tersebut nantinya berkesempatan untuk mendapatkan teman baru. Sebab, mereka akan bertemu di Shanghai, Tiongkok akhir 2016 mendatang. Selain itu, skuat Jr. NBA All-Star juga akan menyaksikan pertandingan NBA Global Games antara Houston Rockets versus New Orleans Pelicans.

Jr NBA © 2016 brilio.net

Peserta mendapat pengarahan dari Marvel Williams. ©brilio.net/Yani Andryansyah.

“Tentu ini menjadi program kami untuk membuat anak Indonesia bisa menikmati permainan basket sekaligus menambah teman,” kata Vice President Marketing Partnership Jr NBA Asia, Francesco Suarez.

Perjuangan untuk lolos menjadi All-Stars sungguh berat. Salah satu peserta, Yovela Naiafitri Paguno, siswa kelas 2 SMP 115 Jakarta ini kepada brilio.net nggak menyangka bisa lolos. Namun berkat kerja kerasnya dia terus berupaya untuk mendapat satu tempat di Jr NBA All-Star.

Jr NBA © 2016 brilio.net

Peserta antusias mengikuti kegiatan.©brilio.net/Yani Andryansyah.

“Saya nggak nyangka bakal kepilih. Padahal saat seleksi berat banget lho. Tapi saya ikuti terus saja prosesnya. Saya juga punya target ingin jadi pebasket professional,” ujarnya. 

Hal yang sama juga dirasakan Yedida Putri Anugrah Waryanto. Siswa kelas 3 SMP ini sama sekali nggak nyangka bias terpilih. Menurut dia saat pertama ikut seleksi, dia merasa saingan yang ada sangat berat. Namun berkat ketekunan dan pantang menyerah, dia akhirnya terpilih.

“Bangga dan senang pastinya. Saya juga nggak nyangka bisa terpilih. Soalnya saingannya berat-berat. Tapi akhirnya saya bersyukur bisa masuk Jr NBA tahun ini,” ungkapnya kepada brilio.net.

Wah keren...!

Berikut nama-nama Jr. NBA All Stars 2016:

Perempuan

Karissa Adiela Sutanto

Yedida Putri Anugrah Waryanto

Ayesha Kallista Khansa Purnama

Christina Michelle Susanto

Yovela Naiafitri Paguno

Laki-laki

Daniel Jason

Ferdinand Richard

Muhammad Hafiz

Leonardo Garcia

Yordan Ezra Marcelino

Benedicto Elpidius

Adimas Rayhan Muharwansyah

Brandon Ang Junior

Dhimas Aldry Dyanfa Yudistya

Richard Theofilius