Brilio.net - Mempunyai usaha bisnis yang sukses tentunya menjadi impian banyak orang. Terlebih lagi jika mampu mempekerjakan orang-orang yang membutuhkan. Biasanya, para pebisnis yang telah sukses akan memberikan cara atau tips kepada orang-orang. Hal ini dilakukan agar orang-orang tidak pantang menyerah dalam memulai ataupun menjalan bisnis.

Baru-baru ini, sebuah akun di Twitter bernama @helowmad mengunggah sebuah video perihal cara atau tips agar bisnis dapat sukses. Di awal video tersebut, terlihat seorang pria paruh baya mengenakan topi hitam dengan kaos berkerah warna biru. Pria paruh baya tersebut memberikan tips kepada warganet dalam berbisnis agar berhasil.

Rahasia sukses dalam bisnis Twitter/@helowmad

foto: Twitter/@helowmad

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Untuk usaha itu, kita mudahnya adalah 3M. M1 adalah melihat, M2 memahami , M3 melaksanakan," ujarnya penuh keyakinan.

Di sela-sela video tersebut juga terlihat bahwa pria paruh baya tersebut sepertinya memiliki bisnis pohon pisang. Ia terlihat sangat memperhatikan dan merawat pohon-pohonnya, bahkan sejak dari bibit. Pohon pisangnya ia rawat sedemikian rupa agar panen maksimal. Diketahui, pohon pisang tersebut akan dijadikan usaha dalam membuat keripik pisang.

"Rahasia Bisnis Sukses 2020," tulis @helowmad di caption, pada Selasa (13/10).

Rahasia sukses dalam bisnis Twitter/@helowmad

foto: Twitter/@helowmad

Pria paruh baya tersebut juga menunjukkan beberapa hasil keripik pisangnya yang terbungkus dalam plastik bening. Tampaknya, ia memang sudah memahami asam-garam dunia bisnis, terutama bisnis pisang. Namun, sebelum video tersebut selesai, pria paruh baya tersebut justru memberikan tips yang bikin bingung. Ia mengatakan bahwa bisnis akan berhasil jika memelihara tuyul.

"Tapi akan cepat lebih berhasil lagi bila kita memelihara tuyul," ujarnya dalam video tersebut.

Hal ini tentu saja membuat warganet geger lantaran kocak. Seketika, unggahan video tersebut pun viral dan telah ditonton 1,5 juta penonton dan mendapat 48,8 ribu like dari warganet. Ribuan komentar kocak dari warganet pun seketika menghiasi unggahan tersebut. Unggahan tersebut bahkan sudah tersebar di berbagai media sosial.

Namun, ternyata ada video lanjutannya, lho. Pria paruh baya tersebut melanjutkan bahwa makna 'TUYUL' yang sebenarnya merupakan kepanjangan, yakni Takwa, Usaha, Yakin, Ulet, Lincah. Meski sudah memberikan lanjutan video, namun warganet tetap merasa kocak dengan video pertama. Komentar kocak warganet pada unggahan tersebut makin membuatnya viral dan lucu.

"Jadi gemes sama kiat sukses terakhirnya," tulis @moestika98.

"Tuyul iku singkatan lur," tulis @gemukdingin.

"(((Memelihara tuyul)))," tulis @candy_beee.

"Bapak ini inspiratif. Pestisida dan pupuknya buat sendiri (organik). Udah dapat bnyk penghargaan dari lokal maupun internasional. Sering diundang jadi pembicara. Padahal lulusan SMP," tulis @serabip1.

"Jangan dipotong potong atuh," tulis @smolnoss.

Nah, begini lho lanjutannya biar nggak salah paham, hehe.

(brl/guf)