Brilio.net - "Si kancil anak nakal, suka mencuri timun, ayo lekas ditangkap jangan diberi ampun."

Kamu pasti sering mendengar lagu ini. Tak hanya di lagu, namun juga di cerita-cerita anak, kancil digambarkan sebagai hewan yang nakal. Namun pernahkah kamu melihat wujud asli kancil?

Dalam berbagai buku cerita anak, kancil digambarkan hewan berkaki empat dengan dua telinga di atas layaknya seekor rusa. Namun pada kenyataannya kancil memiliki bodi pendek dan kecil seperti kelinci dengan kaki-kaki yang ramping. Meski begitu memang benar jika kancil merupakan spesies sebangsa rusa dari Genus tragulus.

Kancil memiliki ciri-ciri panjang tubuh 20-25 sentimeter dengan warna cokelat kemerahan. Hewan yang disebut juga dengan pelanduk ini merupakan hewan herbivora di mana menyukai makanan seperti daun-daunan, sayuran, rumput dan buah-buahan.

Di Indonesia sendiri kancil bisa ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Sayang populasinya saat ini sudah mulai punah karena diburu oleh warga.

Loading...

Biasanya kancil diburu dengan cara ditembak. Warga senang berburu kancil karena dagingnya dianggap lebih enak daripada sapi atau kerbau dan memiliki serat halus.