Brilio.net - Kamu yang suka menonton sepakbola, pasti tahu dong dalam setiap pertandingan akan selalu ada satu orang wasit yang bertugas mengatur jalannya pertandingan. Nah biasanya, selain peluit, wasit juga membawa dua buah kartu berwarna merah dan kuning sebagai sanksi bagi pemain yang melakukan pelanggaran. Pemain yang mendapat satu kartu kuning masih boleh melanjutkan permainannya, sedangkan yang diberi kartu merah harus mengakhiri laganya.

Tapi kini, ada kebijakan baru yang diterapkan dalam Liga Italia Seri B, di mana kebijakan tersebut adalah dengan menambah sebuah kartu baru yang dipegang oleh wasit, yakni kartu hijau. Apa artinya?

Wasit sepakbola sekarang bawa kartu hijau lho! Artinya apa ya?

Seperti dikutip brilio.net dari Washingtontimes, Kamis (10/9), penggunaan kartu hijau memiliki arti yang jauh berbeda jika dibandingkan ketika wasit mengeluarkan kartu kuning dan merah. Kartu hijau justru digunakan sebagai tanda penghargaan, jika ada pemain yang berlaku sportif selama pertandingan berlangsung.

Tindakan sportif yang seperti apa? Misalnya ketika ada seorang pemain yang bersedia menghentikan laga yang sedang berlangsung ketika ada lawan yang cedera, atau bisa juga untuk menyatakan kesediaan untuk menghormati segala keputusan wasit.

Loading...

Kebijakan kartu hijau ini sendiri dikeluarkan karena selama ini belum ada apresiasi khusus bagi para pemain. Penggunaan kartu hijau sendiri sudah melalui masa uji coba di liga pemain muda dan akan mulai benar-benar diterapkan pada Liga Italia Seri B bulan mendatang.

Ide pembuatan kartu-kartu berwarna lain selain merah dan kuning dalam pertandingan sepakbola sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang baru dan mengejutkan. Sebelumnya, Presiden UEFA Michael Platini pernah mengusulkan penggunaan kartu putih bagi wasit sehingga dapat membatasi penggunaan kartu kuning dengan cara mengeluarkan pemain secara temporer.

Kalau kamu, setuju nggak ya ada kartu hijau di pertandingan sepakbola?