×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Wanita asal Toraja ini keranjingan kunjungi kuburan hingga luar negeri

View Image

0

BRILIO » News

Wanita asal Toraja ini keranjingan kunjungi kuburan hingga luar negeri

Lahir dan besar di Toraja, membuat Olivya Bendon tidak asing lagi dengan suasana pemakaman.

19 / 07 / 2015

Brilio.net - Lahir dan besar di Toraja, membuat Olivya Bendon tidak asing lagi dengan suasana pemakaman. Sejak kecil wanita yang akrab disapa dengan Olive ini sering diajak oleh almarhum sang ayah untuk melihat prosesi pemakaman di kampung halamannya tersebut. Toraja yang berada di Sulawesi Selatan ini memang terkenal dengan wisata upacara pemakaman adat.

Kebiasaannya untuk mengunjungi makam itu sempat terlupakan setelah kuliah dan merantau di Jakarta. Tapi itu tidak berlangsung lama. Ketertarikan tersebut muncul kembali ketika Olive mengikuti kegiatan Plesiran Tempo Doeloe (PTD) yang digagas oleh komunitas Sahabat Museum (Batmus) pada tahun 2005. Saat itu Olive yang menjadi volunteer bersama komunitasnya berkunjung ke Pulau Onrust di Kepulauan Seribu.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Lilie Suratminto yang tidak lain adalah penulis buku Makna Sosio-Historis Batu Nisan VOC di Batavia. Saat itu Olive dibuat terkesima bahwa ada seseorang yang mampu membaca enkripsi pada makam tua. "Saya memang suka traveling namun sampai sekarang saya enggak nyangka wisata ke kuburan menjadi hobi saya," katanya.

Wanita asal Toraja ini keranjingan kunjungi kuburan hingga luar negeri

Tidak sembarang makam yang menjadi destinasi Olive. Dia hanya mengunjungi makam-makam tua tempat disemayamkannya orang-orang yang memiliki pengaruh besar semasa hidupnya. Antara lain makam Sultan Iskandar Muda, Panglima Polim, Teuku Cik Ditiro, Hasan Tiro, Sultan Hasanuddin, Pangeran Diponegoro, makam raja-raja di Aceh, makam raja di Sila Maluku, Jenderal AWS Mallaby, Jenderal Simon Spoor, Laksamana Malahayati, Raden Saleh, Olivia Mariamne Raffless, Rudolf Kohler, makam para suster Ursulin, makam beberapa gubernur Hindia Belanda, makam para pengungsi vietnam di Pulau Galang dan lain sebagainya.

Loading...

Makam-makam di luar negeri juga jadi sasaran Olive. Beberapa yang pernah didatangi adalah Fort Canning di Singapura, Captain Francis Light (pendiri Penang), James Richardson Logans (orang yang pertama kali mencetuskan nama Indonesia pada abad ke-19), Thomas Leonowens suami dari Anna Leonowens guru anak-anak raja Thailand yang kisah hidupnya diangkat ke dalam film The King & I.

Wanita asal Toraja ini keranjingan kunjungi kuburan hingga luar negeri

Wanita pecinta sejarah ini mengaku banyak belajar dari hobi uniknya tersebut. Ketertarikannya terhadap seseorang yang dimakamkan tersebut membuatnya selalu membaca buku dan mempelajari kisah hidup orang tersebut. Olive sendiri tidak pernah menargetkan harus mengunjungi makam siapa saja.

"Yang pasti, pengennya sih suatu waktu bisa berkunjung ke City of Date Dargavs di Rusia, Newgrange di Irlandia, ke Cape Town untuk menyusuri jejak Ingrid Jonker dan Maria van Riebeek serta melihat dari dekat jejak sunyi di Rwanda. Entahlah makam siapa pun yang ada di sana, saya mengikuti panggilan jiwa dan meminta restu dari sang pemilik hidup ini," tutupnya. 

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more