Brilio.net - Untuk mendengarkan lantunan Al Quran saat ini sangat mudah. Rekaman ayat-ayat suci itusudah banyak ada. Tapi tahukah kamu kalau rekaman Al Quran tertua yang pernah dibuat ternyata merupakan buatan ilmuwan Belanda bernama Christiaan Snouck Hurgronje.

Rekaman ini dulunya menimbulkan banyak kontroversi karena tindakan orang yang merekamnya. Rekaman surat Ad-Dhuha tersebut direkam Christiaan Snouck Hurgronje saat mengunjungi Makkah pada tahun 1885 M atau 1302 H.

"Christian Snouck Hurgronje mengambil foto dan membuat rekaman suara menggunakan alat baru buatan Thomas Alfa Edison," tulis channel Youtube Hajj Umrah yang mengupload video ini pada 4 November 2012.

Foto dan rekaman itu saat ini masih dipajang di Empty Quarter Gallery Dubai.

Dikutip dari berbagai sumber, Christiaan Snouck Hurgronje merupakan sosok yang penuh kontroversi. Ia merupakan ilmuwan Belanda yang mempalajari Islam. Snouck yang fasih bahasa Arab diduga mempelajari Islam sebagai strategi untuk menghancurkannya. Snouck Hurgronje juga lama mempelajari Islam di Aceh. Dia dikenal dengan nama Haji Abdul Ghaffar. Snouck Hurgronje menguasai bahasa Aceh, Melayu dan Jawa.

Loading...

Terlepas dari niatnya, foto dan rekaman tersebut merupakan aset yang tak ternilai yang sangat kontran dengan keadaan Makkah saat ini.

Foto dan rekaman surat Ad-Dhuha tertua itu bisa kamu dengarkan di sini:

BACA JUGA:

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

Tak kuat berjalan, Mbah To terpaksa istirahat di trotoar

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu

Ide ngedate romantis ala drama Korea ini bisa kamu tiru sama pacar!

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan