Brilio.net - Apa yang akan terjadi pada tubuh kita saat kita memutuskan untuk berhenti mengonsumsi air, termasuk jus, soft drink, teh, atau segala jenis minuman lain? Tubuh manusia terbentuk dari 60% cairan yang memiliki peranan untuk memastikan segala organ dapat berfungsi semestinya, dengan cara menyalurkan nutrisi dan hormon ke beberapa bagian tubuh yang memerlukannya.

Namun, banyak cairan dalam tubuh yang juga dikeluarkan melalui proses buang air kecil (sekitar 1,5 liter per hari) dan juga berkeringat. Itulah sebabnya kita harus meningkatkan konsumsi air kita.

Dilansir dari sciencealert.com Kamis (11/6), inilah kemudian salah satu bagian dari otak yang mengatur tentang rasa haus yang terletak pada hypothalamus mulai bekerja. Bagian tersebut kemudian berkoordinasi dengan pembuluh darah terkait seberapa cukup asupan cairan seseorang. Dan jika dirasa cairan yang dikonsumsi kurang, otak manusia langsung mengirim sinyal bahwa orang tersebut harus segera minum.

Jadi apa yang akan terjadi bila tubuh tak mendapat asupan cairan? Dalam video di bawah ini dijelaskan bahwa ukuran otak akan menyusut dan tubuh akan lebih toleran kepada penyakit. Penelitian juga menyebutkan bahwa otak tidak dapat berpikir dengan jernih saat kekurangan cairan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk penjelasan lengkapnya, langsung saja kamu cek video di bawah ini.

BACA JUGA:

Pemuda 21 tahun ini ciptakan aplikasi terlengkap untuk terapi autis

Kebelet pipis ternyata ada hubungannya dengan kepintaran seseorang

Pipis lebih dari 8 kali sehari ternyata berbahaya

Ini penyebab umum kecelakaan saat pendakian gunung

Autisme bukan lelucon stop bercanda pakai kata 'autis'

Media sosial bikin kamu cuek ke teman, hati-hati ya!

(brl/pep)