Brilio.net - Mencari pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah. Bukan hanya mereka yang baru lulus kuliah atau fresh graduate, mereka yang -ganti pekerjaan pastilah pernah mengalami hal ini. Apalagi jika kamu mengejar sebuah pekerjaan impian, butuh usaha yang keras pula untuk mencapainya.

Mendapat pekerjaan impian nggak hanya berkutat masalah CV saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan. Berikut tips yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/1)

1. Buat daftar perusahaan impianmu

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://i.infospesial.net/

Buat catatan tentang perusahaan atau bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Sesuai dengan latar belakang pendidikan dan passion kamu tentunya. Jangan hanya fokus pada satu perusahaan saja, harus ada alternatif yang kamu cantumkan.

2. Berpikir di luar kebiasaan

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://videoforbusiness.ca/

Jadilah pribadi yang selalu bisa berpikir di luar kebiasaan atau out of the box. Menjadi beda bukan berarti salah, menjadi berbeda akan membuatmu mempunyai ciri khasmu sendiri.

3. Pilih kota yang kamu inginkan untuk bekerja

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://idealistcareers.org/

Jangan ragu untuk mencoba mencari pekerjaan di luar kota tempat tinggalmu bahkan diluar negeri. Jika kamu ambisius dan membangun mimpi-mimpimu, bukan tidak mungkin kamu bisa sukses di kota lain. Buat juga daftar perusahaan impianmu di setiap kota yang kamu inginkan.

4. Catat hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://www.kaumy-dki.org/

Jika kamu sudah mendapat kesempatan untuk magang atau bekerja di perusahaan impianmu, catat apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan. Ceritakan kontribusi yang bisa kamu lakukan saat melakukan wawancara kerja.

5. Ketahui bagian atau departemen yang kamu incar

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://kuliahpedia.blogspot.co.id/

Kamu harus tahu seluk beluk bagian atau departemen yang kamu inginkan. Agar kamu ,mengetahui benar apakah sesuai dengan yang kamu impikan atau tidak.

6. Ingat selalu dimana kamu menyebar resume

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://segiempat.com/

Wajar jika kamu akan membuka berbagai situs pencarian pekerjaan dan meninggalkan resume mu disana. Kamu harus catat dan ingat betul setiap kali meninggalkan resume. Jangan lupa mengirimkan email kepada portal lowongan pekerjaan tersebut saat kamu telah mendapatkan pekerjaan impianmu.

7. Buatlah daftar prestasi maupun penghargaan yang pernah kamu peroleh

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu!

foto: http://advice.milkround.com/

Pihak perusahaan ingin mengetahui bagaimana latar belakang calon pekerjanya. Nggak cuma urusan akademik saja, jika kamu punya pengalaman magang diluar kuliah dan kegiatan-kegiatan positif lainnya, jangan segan untuk mencantumkan di resume.

8. Berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang biasa ditanyakan

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://www.twntys.com/

Latihlah diri kamu sendiri untuk menjawab pertanyaan yang diajukan perusahaan dengan sebaik-baiknya. Siapkan jawaban yang menunjukkan siapa diri kamu. Kalau perlu tulis dalam sebuah buku catatan dan pelajari dengang sungguh-sungguh.

9. Pantau dan ikuti beberapa portal penyedia lowongan kerja online

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://www.hypenmv.org/

Jangan malas untuk mencari sebuah pekerjaan impian. Ikuti perkembangan dan pantau terus situs penyedia lowongan pekerjaan yang kamu ikuti. Jangan cuma 1 sumber saja, kamu bisa pilih beberapa sumber yang paling terpercaya.

10. Ikuti atau follow akun orang-orang inspiratif

Tips jitu dapat pekerjaan sesuai dengan impianmu! foto: http://www.universitybusiness.com/

Manfaatkan sosial mediamu untuk hal-hal yang positif, seperti mengikuti atau memfollow akun tokoh-tokoh yang kamu anggap inspiratif. Dari sana kamu akan mendapatkan motivasi dari status atau hal yang diunggah oleh tokoh tersebut. Ambil point penting yang berguna buat karir kamu disana.

Bagi kamu yang masih bingung mengejar pekerjaan impian, 10 tips di atas boleh dicoba. Salam Sukses !