Brilio.net - Jerawat ternyata bukan hanya menyerang wajah lho. Pernahkah kamu menemukan jerawat di area dada, punggung, bahkan pantat? Nah, mari simak penjelasan jerawat di pantat.

Debra Jaliman, seorang dermatologist di New York City, Amerika Serikat, menyebut benjolan di pantat itu folikulitis. Sayangnya, perempuan terutama saat sehabis olahraga lebih mudah untuk terkena jerawat pantat.

"Gundukan tersebut dibentuk oleh sel-sel kulit mati dan bakteri dalam folikel rambut," terang Jaliman.

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa mengatasi jerawat pantat tersebut dengan empat tips berikut, seperti dikutip brilio.net dari Women's Health, Sabtu (12/12):

1. Gunakan krim/gel benzoil peroksida (benzoyl peroxide)

Loading...

Tips ampuh ini dijamin basmi jerawat di pantatmu, coba ya ladies!

foto: fairyslovely.wordpress.com

Jaliman merekomendasikan benzoil peroksida untuk membersihkan tubuh, terutama bagian pantat saat berjerawat. Bahan ini memang obat paling umum untuk mengobati jerawat. Bahan ini akan menyingkirkan folikulitis karena lama-lama folikulitis mengering dan mengelupas kulit mati yang menyumbat folikel.

2. Gunakan asam salisilat (Salicylic Acid)

Tips ampuh ini dijamin basmi jerawat di pantatmu, coba ya ladies!

foto: dhccare.com

Selain benzoil peroksida, asam salisilat juga ampuh untuk menghilangkan folikulitis. Asam salisilat akan mencegah perkembangan folikulitis dengan membuka sumbatan pori-pori.

3. Gunakan lotion berbahan asam laktat (Lactic Acid)

Tips ampuh ini dijamin basmi jerawat di pantatmu, coba ya ladies!

foto: id.aliexpress.com

Saat kamu memiliki folikulitis, oleskan lotion berbahan asam laktat karena bisa mengelupas sel-sel kulit mati. Dengan begitu, Jaliman mengatakan akan bisa meminimalisir munculnya gundukan jerawat.

4. Selalu mandi setelah selesai berkeringat

Tips ampuh ini dijamin basmi jerawat di pantatmu, coba ya ladies!

foto: honeyanddates.com

Keringat bisa memicu munculnya jerawat karena 'kongsiannya' dengan bakteri untuk merusak kulitmu bila dibiarkan lama-lama. Sederhananya, keringat bisa membuat kulitmu gatal-gatal. Nah, kalau tak kamu bersihkan dengan mandi, bayangkan banyak bakteri yang berkembang di sana. Maka dari itu, setelah keringat mengering, mandilah.

Jaliman menyarankan untuk menggunakan puff atau loofah untuk membersihkan bakteri dari tubuh saat mandi. Namun begitu, kamu juga perlu memperhatikan 'aturan' mandimu (klik di sini) dan ini juga (klik di sini)

Siap-siap say goodbye untuk jerawat pantat, ladies!