×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ternyata dulu pernah ada mesin ketik huruf Jawa, begini bentuknya!

View Image

0

BRILIO » News

Ternyata dulu pernah ada mesin ketik huruf Jawa, begini bentuknya!

Mesin ketik huruf jawa yang menjadi koleksi tertua di Museum Penerangan itu berasal dari Surakarta Jawa Tengah.

09 / 10 / 2015

Brilio.net - Mesin ketik saat ini sudah sangat jarang ditemui. Hanya beberapa instansi pemerintahan yang masih menggunakan mesin ketik untuk keperluan tertentu. Berkembangnya teknologi membuat mesin ketik tergeser dengan adanya komputer yang selalu dikembangkan. Meski begitu pada zamannya, mesin ketik mempunyai peranan yang sangat penting, lho!

Mesin ketik yang sering ditemui adalah mesin ketik alfabet dari A sampai Z. Selain mesin ketik tersebut, ternyata tak banyak yang tahu jika ternyata dulu pernah ada mesin ketik huruf Jawa. Tentu fungsinya untuk menuliskan huruf Jawa yang masih sangat sering digunakan dalam surat-menyurat ketika itu.

Mesin ketik huruf Jawa koleksi Museum Penerangan Jakarta itu banyak menyedot perhatian pengunjung Vredeburg Fair 2015 yang dilaksanakan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, 8-12 Oktober 2015. Tak banyaknya masyarakat yang tahu tentang mesin ketik huruf Jawa membuat mereka penasaran akan bentuk mesin ketik itu.

Ternyata dulu pernah ada mesin ketik huruf Jawa, begini bentuknya!

Agus Setiadi (29), pengelola Museum Penerangan Jakarta menjelaskan jika mesin ketik huruf Jawa itu sudah menjadi koleksi Museum Penerangan sekitar tahun 1970-an. Mesin ketik huruf jawa yang menjadi koleksi tertua di Museum Penerangan itu berasal dari Surakarta Jawa Tengah.

Loading...

"Penggunaannya sama seperti mesin ketik pada umumnya kok, cuma hurufnya bukan alfabet dari A sampai Z, melainkan huruf Jawa," kata Agus Setiadi saat ditemui brilio.net di stan Vredeburg Fair 2015, Jumat (9/10).

Ternyata dulu pernah ada mesin ketik huruf Jawa, begini bentuknya!

Mesin ketik huruf Jawa ini mulai dipakai sejak tahun 1917 oleh Keraton Surakarta. Digunakan terutama untuk mengetik surat menyurat, keputusan (kekancingan dalem), ataupun pengumuman resmi Raja Keraton Surakarta untuk masyarakat luas dan berbagai laporan proses pengadilan. Pada masa kemerdekaan, mesin ketik bermerek Royal 8 Barlock buatan Inggris ini digunakan untuk mengetik pengumuman-pengumuman pemerintah dengan huruf Jawa yang disebarluaskan untuk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sampai tahun 1960.

Gimana? Tertarik untuk melihat langsung bentuk mesin ketik huruf Jawa?

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more