Brilio.net - Kasus penipuan dengan berbagai modus masih terjadi dan meresahkan masyarakat. Namun tindak kriminal terjadi bukan karena hanya ada niat tetapi juga karena ada kesempatan. Hendaknya kita tak mudah tergiur dengan iming-iming hadiah yang dijanjikan. Seperti kisah yang disampaikan oleh Nur (32) melalui sambungan bebas pulsa 0-800-1-555-999 brilio.net, Minggu (22/11).

Bukan yang pertama bagi Nur, sebelumnya dulu ia juga sering mendapatkan pesan singkat tentang undian berhadiah namun tak ia hiraukan. Kali ini berbeda, untuk yang kedua kalinya ia menjadi korban penipuan.

Sekitar dua bulan yang lalu ia mendapat telepon yang mengatakan bahwa Nur berhak atas sebuah sepeda motor dengan syarat membayar sejumlah uang tertentu. Awalnya ia hanya menurut dan melakukan apa yang diminta oleh si penipu hingga harus merelakan uangnya melayang sejumlah Rp 300.000.

Kemarin, Nur kembali mengalami penipuan yang mengatakan bahwa orang tersebut berminat membeli tanah. Memang, Nur memasang iklan penjualan tanahnya di suatu situs online. Karena kebetulan memang sedang butuh dana, Nur menanggapi calon pembelinya tersebut. Hingga kecurigaannya muncul saat orang tersebut meminta nomor rekening Nur beserta suaminya untuk keperluan mentransfer uang muka. Tak hanya itu, mereka juga meminta untuk dikirimkan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Nur.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Saya mulai curiga dengan permintaan aneh mereka," ungkap ibu rumah tangga asal Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Merasa terganggu, Nur kemudian menghubungi balik si penipu seraya mengucapkan berbagai caci maki. Dalam sambungan telepon itu pula Nur mengatakan tentang kecurigaannya bahwa mereka termasuk dalam golongan sindikat penipu.

Mendengar itu, pihak penipu langsung mematikan sambungan telepon. Sejak semalam hingga sekarang mereka sudah tak pernah lagi kembali menghubungi Nur. Berdasarkan pengalamannya, Nur ingin menyampaikan pesan agar masyarakat tak mudah tergiur dengan iming-iming penipu.

Cerita ini disampaikan oleh Nur melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu.

(brl/swh)