Brilio.net - Saat kamu menginap di hotel, pernahkah terlintas di benakmu sesuatu yang dirahasiakan pihak hotel melalui para stafnya? Rahasia menggembirakan, mengejutkan, atau justru menakutkankah?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Independent, Sabtu (14/11), berikut ini delapan rahasia yang disimpan staf hotel kepadamu. Narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya dalam artikel asli '8 secrets hotel staff won't tell you' ini bekerja di sebuah hotel di luar negeri. Narasumber juga mengungkapkan delapan rahasia ini di Quora dan Reddit.

1. Kematian

Di antara rahasia yang paling disembunyikan adalah jumlah orang yang meninggal di kamar hotel. Seseorang yang tak disebutkan identitasnya, pernah bekerja di hotel selama liburan kuliah. Dia mengungkapkan bahwa salah seorang tamu hotel yang bunuh diri di salah satu kamar hotel tempat dia bekerja. "Polisi datang lebih cepat dan mengurus jenazahnya, tanpa diketahui tamu hotel lainnya tentang yang telah terjadi. Bahkan kasus ini tak pernah muncul di berita lokal," terangnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Hotel menyimpan informasi tentang kematian secara ketat untuk mencegah publisitas buruk dan 'pariwisata gelap' yang bisa merugikan pihaknya.

2. Selebriti

Kamu mungkin saja menginap satu hotel dengan selebriti. "Sebagai tamu, kecuali jika kamu kebetulan melihat sekilas selebriti tersebut, kamu tak akan pernah tahu mereka ada di sana. Saya pernah berada di sebuah hotel di mana seorang pentolan tim bisbol populer dan seluruh timnya ada di sana," terang seseorang bernama Stacey Jean.

3. Hubungan dan skandal

Staf hotel tahu persis siapa yang datang dengan pasangan resmi atau selingkuhan. Mungkin memang hanya beberapa yang sampai mencuat ke media massa. Di Indonesia sendiri, kamu pasti pernah tahu berita yang mengungkapkan tokoh politikus dan petinggi prajurit negara digerebek di hotel sedang bersama, kan? Itu yang ketahuan, yang tak ketahuan? Staf hotel sedikit banyak tahu tentang itu.

4. Polisi

Hampir semua hotel, baik baik atau buruk, memiliki ikatan kuat dengan polisi lokal. Hal ini untuk berjaga-jaga bila ada masalah yang bisa saja muncul di hotel, misalnya ada tamu hotel yang membuat onar dan sebagainya.

5. Kebersihan

Ternyata ada masalah kebersihan yang tak diungkapkan staf hotel kepadamu, lho! Ada beberapa hotel yang stafnya memang ditugasi 'memperingatkan' tamu hotel untuk tidak melakukan sesuatu. Misalnya untuk tak memeriksa di bawah tempat tidur atau yang sulit dijangkau kerena sebenarnya pihak hotel tidak pernah membersihkannya. Seorang pengguna akun Reddit bernama Roslagen menyatakan, bahkan kalau kamu tahu, ternyata kutu busuk di tempat tidur hotel lebih banyak dari yang kamu pikirkan.

6. Pembatalan

Jika kamu membatalkan pemesanan kamar menit terakhir, tapi tidak ingin kehilangan depositmu, telepon pihak reservasi hotel dan pindah pemesananmu untuk beberapa hari berikutnya. Tunggu beberapa jam, lalu kamu akan ditelepon balik dan ditanyai tentang pembatalan reservasi.

"Biaya pembatalan akan dibebaskan karena sekarang ada waktu pembatalan baru pada tanggal baru," terang pengguna akun Reddit yang lain, druumer89 .

7. Pemesanan kamar

Jangan pernah melakukan reservasi melalui pihak ketiga. Sebab, dengan memesan langsung akan lebih murah daripada menggunakan jasa orang ketiga. Nah, staf hotel akan menawarkan permintaan khusus kalau kamu memesan sendiri, bukan lewat orang lain. Staf hotel tak akan memberikan pelayanan lebih terhadap orang yang bukan pemesan kamar langsung.

8. Fasilitas gratis tak terduga

Kalau kamu menginap di sebuah hotel, berbaik hatilah kepada doorman atau penjaga pintu. Salah seorang narasumber yang tak disebutkan namanya namun bekerja sebagai doorman hotel mengatakan, "Saya dapat memberimu secara gratis air minum, tampon, valet parkir, tur, laundry, dan banyak lagi selama kamu bertanya pada saya. Tapi sayangnya tidak ada yang melakukan itu karena mereka pikir saya hanyalah penjaga pintu."

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan? Mungkin ada yang ingin kamu tambahkan, guys?

(brl/pep)